Berita Pangkalpinang

Pemprov Mulai Bahas Masalah Kekeringan dan Pembangunan Trans Babel

Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai membahas masalah kekeringan. Pukul 9.00 WIB, Senin (5/8/2019) ini, Penjabat Sekda Babel Yulizar

Pemprov Mulai Bahas Masalah Kekeringan dan Pembangunan Trans Babel
Bangka Pos
Warga Kelurahan Kelapa mengambil air di salah satu aliran air di kebunnya, untuk kebutuhan sehari-hari, karena sumur di rumahnya sudah mengalami kekeringan.

BANGKAPOS.COM-- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai membahas masalah kekeringan. Pukul 09.00 WIB, Senin (5/8/2019) ini, Penjabat Sekda Babel Yulizar dijadwalkan mengikuti rapat koordinasi pendahuluan membahas masalah dampak kekeringan di ruang rapat Wakil Gubernur.

Ini satu di antara agenda penting yang akan dilakukan Pemprov Babel pada hari ini. Catatan Bangka Pos, kemarau sudah berlangsung lebih dari satu bulan, dan kolong penampung PDAM mulai keruh dari biasanya. Di sejumlah wilayah di Babel, warga juga sudah mulai membeli air bersih

Agenda lainnya adalah rakor Rencana Pembangunan Trans Babel di Ruang Romodong Kantor Gubernur yang dilaksanakan oleh Bappeda Babel. Trans Babel setidaknya sudah dibahas sejak era Gubernur Rustam Efendi sebagai koridor yang menghubungkan koridor I Sumatera dengan koridor III Kalimantan.

Jalur ini dihubungkan melalui pelabuhan menghubungan Sumatera (Tanjung Api-api) dan Babel melalui Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Selanjutnya alur perjalanan menuju Pangkalpinang atau Sadai dan Tanjung Berikat.

Pada 2013, Kepala Bappeda Babel Yan Megawandi menyebutkan rute kemudian berlanjut ke Tanjungpandan-Manggar, dan berakhir di Ketapang, Kalimantan Barat.

"Usulan trans Babel menjadi prioritas. Apalagi dengan sudah difungsikan pelabuhan TAA semakin membuka peluang transportasi laut yang cepat ke Bangka Belitung," ungkap Yan saat itu.

Belum diketahui bagaimana perkembangan rencana ini di tengah munculnya rencana pembangunan jembatan Bangka-Sumatera yang saat ini tengah akan diajukan menjadi program strategis nasional (PSN).

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dijadwalkan akan hadir pada rapat pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat Desa di Desa Balai Desa Air Gegas, Basel. Rapat dijadwalkan dimulai pukul 14.00 WIB. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved