Berita Pangkalpinang

Titik Panas Di Babel Berpotensi Meningkat, Bersifat Fluktuatif

Di pertengahan musim kemarau tahun ini sejumlah titik panas terlihat muncul di beberapa titik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Titik Panas Di Babel Berpotensi Meningkat, Bersifat Fluktuatif
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Depati Amir Pangkalpinang Rizki Adzani. 

BANGKAPOS.COM-- Di pertengahan musim kemarau tahun ini sejumlah titik panas terlihat muncul di beberapa titik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Menurut Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Depati Amir Pangkalpinang Rizki Adzani, jumlah titik panas di Babel bersifat fluktuatif alias naik turun.

Ia mengatakan, dalam satu hari titik panas di Babel bisa mencapai lima hingga tujuh titik panas, namun terkadang juga jumlahnya bisa lebih sedikit atau bahkan tidak terdapat titik panas sama sekali, sehingga jika di rata-rata per hari titik panas di Babel sekitar dua hingga tiga titik panas.

Berdasarkan pantauan terakhirnya kemarin (4/8/2019) terdapat lima titik panas di Babel, yang terdapat di Kabupaten Bangka, Kabupaten Belitung, dan Belitung Timur.

Mengingat musim kemarau masih akan berlangsung cukup lama, Rizki mengatakan jika masih ada kemungkinan bertambahnya titik panas di Babel. Apalagi menurut sejarah di wilayah Babel sendiri pernah tercatat titik panas terbanyak sebanyak 10 titik panas dalam satu hari.

Rizki menjelaskan jika terjadinya titik panas di Provinsi Babel dikarenakan suhu di permukaan, dan ditambah juga dikarenakan tutupan awan, jika tutupan awan sedikit, suhu dipermukaan akan meningkat, sehingga membuat titik panas yang terpantau cenderung meningkat.

"Tergantung tutupan awan dan suhu di permukaan," ujar Rizki, Senin (5/8/2019) kepada Bangkapos.com. (Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved