Listrik PLN Padam, Jokowi Marah, Dua Menteri Bungkam Tak Mau Berkomentar

Padamnya listrik di Jabotabek dan sekitarnya, Minggu (4/8/2019) sejak pukul 12.00 WIB hingga malam mati total atau blackout

Listrik PLN Padam, Jokowi Marah, Dua Menteri Bungkam Tak Mau Berkomentar
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Warga beraktivitas menggunakan penerangan lilin dan lampu darurat, di wilayah Karet Tengsin Jakarta, Minggu malam (4/8/2019). Aliran listrik di Banten, Jabodetabek hingga Bandung terputus akibat adanya gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa. 

BANGKAPOS.COM-- Padamnya listrik di Jabotabek dan sekitarnya, Minggu (4/8/2019) sejak pukul 12.00 WIB hingga malam mati total atau blackout. Tentu saja kegiatan yang bergantung pada listrik menjadi lumpuh, termasuk layanan publik, transportasi, perbelanjaan hingga perbankan.

Berdasarkan informasi dari pihak PT PLN  pemadaman aliran listrik di Jabodetabek akibat gangguan sejumlah pembangkit di Jawa akibat trip yang dialami oleh Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya, sedangkan Gas Turbin 7 saat ini sedang dalam posisi mati (off). Gangguan juga terjadi pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan,” ungkap Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka melalui keterangan kepada media.

Selain di Jabodetabek, pemadaman listrik akibat gangguan Transmisi SUTET 500 kV juga terjadi di beberapa wilayah di Jawa Barat, seperti Bandung, Bekasi, Bogor, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri,  dan Sukabumi.

Warga beraktifitas menggunakan penerangan lilin dan lampu darurat, di wilayah Karet Tengsin Jakarta, Minggu malam (4/8/2019). Aliran listrik di Banten, Jabodetabek hingga Bandung terputus akibat adanya gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa.
Warga beraktifitas menggunakan penerangan lilin dan lampu darurat, di wilayah Karet Tengsin Jakarta, Minggu malam (4/8/2019). Aliran listrik di Banten, Jabodetabek hingga Bandung terputus akibat adanya gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Tentu saja kondisi ini membuat Presiden Joko Widodo gusar. Bahkan dua menteri kabinet kerja enggan berkomentar terkait padamnya listrik di sejumlah daerah di Pulau Jawa.

Ditemui di Istana, Senin (5/8/2019), seusai Rapat Paripurna terkait RAPBN 2020, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memilih diam dan tidak melayani pertanyaan media yang bertanya solusinya agar padamnya listrik tidak kembali terjadi.

Ia hanya meminta bertanya kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan.

"Tanya ke Pak Jonan," ujar Luhut yang langsung bergegas masuk ke dalam mobilnya.

Luhut merupakan 'ketua kelas' dari empat kementerian yaitu Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata.

Bungkamnya Luhut juga diikuti oleh Jonan. Mantan Menteri Perhubungan itu lebih memilih tidak mengeluarkan suara sama sekali ketika awak media memcecar pertanyaan soal padamnya listrik kemarin.

Halaman
1234
Editor: nurhayati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved