Berita Sungailiat

Antisipasi Pencuri, Seluruh Tiang Penerangan Lampu Jalan di Las Pihak Perhubungan Pemkab Bangka

Berdasarkan data pihak Perhubungan sebanyak 14 panel, lima Aki, dua kontrol dan dua buah lampu yang hilang dicuri orang yang tidak bertanggungjawab.

Antisipasi Pencuri, Seluruh Tiang Penerangan Lampu Jalan di Las Pihak Perhubungan Pemkab Bangka
bangkapos.com/Riki Pratama.
Kabid Prasarana dan Keselamatan Dinas PUPR Perhubungan Pemkab Bangka, Saparudin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- -Kabid Prasarana dan Keselamatan Dinas PUPR Perhubungan Pemkab Bangka, Saparudin, mengatakan mereka telah melakukan pelaporan terhadap robohnya tiang tenaga surya dan hilangnya perangkat yang menempel di tiang tersebut.

Selain itu untuk mengatisipasi pencurian kembali, mereka telah mengelas dudukan tiang agar tidak mudah dibuka oleh pencuri.

Berdasarkan data pihak Perhubungan sebanyak 14 panel, lima Aki, dua kontrol dan dua buah lampu yang hilang dicuri oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

"Perkiraan kita harga Panel itu satunya Rp 4 juta, aki Rp 1 juta, kontrol Rp 1,5 juta dan lampu Rp 3 juta, kemarin sudah kita laporkan ke pihak polisi semoga bisa secepatnya ditanggap pelakunya,"ungkap Saparudin, kepada bangkapos.com, Rabu (7/8/2019).

Saparudin menambahkan saat ini pihaknya juga telah mengelas beberapa tiang yang masih berdiri terpasang, untuk mencegah agar tidak dicuri kembali.

"Sedang dilakukan pengelasan, agar tidak mudah di buka lagi ini tim kami kemaren sampai hari ini sudah mengelas, membuka antisipasi kami sekarang ini, terutama yang letaknya di hutan hutan jauh dari keramaian,"lanjutnya.

Ia menjelaskan saat ini sebanyak 200 lampu tenaga surya terpasang di Kecamatan Sungailiat dengan wilayah yang tersebar.

"Untuk tiang yang roboh saat ini masih berada di situ, kita belum memutuskan dibawah ke kantor kita atau kita dirikan lagi karena tiang itu berat harus menggunakan alat mengangkatnya,"ujarnya.

Masih kata Saparudin, ia mengatakan lampu jalan tersebut merupakan bantuan hibah dari Kementrian ESDM yang terpasang pada tahun 2018 lalu.

"Itu hibah dari ESDM, dan juga kita tahun ini akan mendapatkan lagi lampu tenaga surya ada 100 buah, ini merupakan hasil reses anggota DPRD RI, untuk wilayah Sungailiat Belinyu dan Riausilip, yang akan dipasang pada tahun ini juga,"lanjutnya.

(bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved