Berita Pangkalpinang

Berkaca dari Kasus Siswi SMP Dihamili Pacar, Dinsos PPPA Berikan Pengawasan Terhadap Anak

Pihaknya akan melakukan pengawasan rutin dan sosialisasi yang menyasar pada anak SMP di wilayah Kota Pangkalpinang.

Berkaca dari Kasus Siswi SMP Dihamili Pacar, Dinsos PPPA Berikan Pengawasan Terhadap Anak
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Kepala Dinsos PPPA Pangkalpinang, Rika Komarina 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Dinas Sosial dan PPPA Pangkalpinang, Rika Komarina, mengatakan,  untuk meminimialisir kejadian tidak diinginkan yang menyangkut anak di bawah umur, pihaknya akan melakukan pengawasan rutin dan sosialisasi yang menyasar pada anak SMP di wilayah Kota Pangkalpinang.

Hal ini berkaca atas kejadian siswi SMP dihamili pacarnya dan baru-baru ini melahirkan. Kasus yang perlu menjadi perhatian besar tersebut, diakui Rika harus diantisipasi agar kedepan tidak terjadi hal serupa.

"Tim nanti akan turun ke SMP-SMP, memberikan sosialisasi, pembinaan ke mereka jangan sampai kita lengah karena umur anak SMP ini rasa dimana mereka ingin tau lebih tinggi. Sasaran kami memang ke anak SMP karena seusia ini rawan," kata Rika kepada bangkapos.com, Rabu (7/8/2019).

Sosialisasi oleh tim dan kader dari PPPA akan dilakukan pada September mendatang. Ini akan dirutinkan, namun mengenai jadwal masih diatur karena berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan kebudayaan.

Selain memberikan sosialisasi kepada anak, menurut Rika, orang tua juga sangat berperan penting dan harys diberikan pemahaman.

Orang tua sebagai kunci utama yang mengawasi gerak-gerik anak, menanyakan perkembangan dan lingkungan yang paling dekat.

Dia berharap, kejadian yang terjadi ini dapat menjadi pembelajaran, khususnya agar orang tua tidak membiasakan hal sepele yang dilakukan anak menjadi kebiasaan-kebiasaan kedepen. 

Rika mencontohkan, anak tidak ditanyai ketika tidak pulang tepat waktu, orang tua hanya tahunya anak tersebut pulang ke rumah.

"Jangan sampai itu menjadi kebiasaan yang berlarut. Dari hal sepele seperti itu. Kami mengimbau agar orang tua lebih mengasihi dan memenuhi kebutuhan anak, bukan hanya materi tetapi spriritual. Selain itu komunikasi yang baik juga dipertahankan," imbau Rika.
(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved