Berita Sungailiat

Pengembangan Danau Biru Desa Cit Sebagai Destinasi Wisata Baru Butuh Biaya

Sebuah kolong biru bekas penambangan timah masa lampau di Desa Cit Kecamatan Riausilip Bangka, rencananya bakal dioptimalkan menjadi destinasi wisata.

Pengembangan Danau Biru Desa Cit Sebagai Destinasi Wisata Baru Butuh Biaya
istimewa
Pengembangan Danau Biru Desa Cit Butuh Dukungan Berbagai Pihak 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebuah kolong biru bekas penambangan timah masa lampau di Desa Cit Kecamatan Riausilip Bangka, rencananya bakal dioptimalkan menjadi destinasi wisata. Pihak pemerintahan desa setempat sedang melakukan penghijauan dan membuat berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan pengunjung.

"Kami dari desa sudah sampaikan ke Gubernur (Babel) bahwa Desa Cit punya kolong biru. Di lokasi ini (sekitar bibir kolong) kami sedang semai bibit jamu mente dan pinus untuk ditanam sebagai upaya penghijauan," kata Kepala Desa Cit, H Ardani alias H Dani alias Ustadz Sumin kepada bangkapos.com, Rabu (7/8/2019).

Areal yang bakal ditamani bibit jambu dan pinus seluas 15 hektar. Lokasi ini diharapkan akan berkembang sebagai destinasi wisata menarik kemudian hari.

"Ada bantuan dari Bapedas, bukan cuma untuk pariwisata tapi juga untuk penanaman pohon tersebut di lahan kritis bekas TI (bekas tambang timah)," katanya.

Kades mengatakan jika areal ini jadi destinasi wisata maka lapangan pekerjaan akan terbuka lebar bagi penduduk lokal.

"Makanya saya sangat mendukung kegiatan ini. Nantinya upaya penghijauan dan pariwisata bakal menampung tenaga kerja," katanya.

Hanya saja diakui Kades, pihak desa masih memiliki kendala. Pengelolaa kawasan itu agar menjadi indah butuh waktu dan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, Kades berharap berbagai pihak ikut serta memberikan dukungan.

"Agar kiranya PT Timah dan Dinas Pariwisata dan semua pihak dapat mendukung agar rencana ini cepat terlaksana, khususnya akses jalan butuh banyak biaya," katanya.

(bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved