Berita Pangkalpinang

HUT ke-74 RI, Lapas Pangkalpinang Ajukan 282 Napi Mendapatkan Remisi

Lapas Kelas II Pangkalpinang mengusulkan sedikitnya 282 orang napi untuk mendapatkan remisi

HUT ke-74 RI, Lapas Pangkalpinang Ajukan 282 Napi Mendapatkan Remisi
(Ryan A Prakasa)
Kepala Lapas Kelas II Pangkalpinang, Kunrat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --HUT ke74 RI tahun ini Lapas Pangkalpinang mengajukan 282 narapidana untuk mendapatkan remisi. Hak remisi ini tertuang dalam Pasal 14 ayat (1) huruf i Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.

"Sudah kita usulkan yakni sebanyak 282 orang narapidana di Lapas kita ini untuk mendapatkan remisi," kata Kepala Lapas Kelas II Pangkalpinang, Kunrat saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/8/2019).

Ia menyebutkan, dari jumlah yang diajukan tersebut, tidak semuanya mendapatkan remisi.

"Dari total jumlah para napi yang kita usulkan itu saya perkirakan paling sekian persen disetujui. Sekitar angka 258 orang. Perkiraan saya ini lantaran gambaran tahun-tahun sebelumnya pun tidak jauh beda dari jumlah napi yang diusul mendapatkan remisi," terangnya.

Kembali ditegaskannya, seorang napi akan mendapatkan remisi melalui proses penilaian dari pihaknya antara lain adanya penilaian tingkah laku (attitude) sehari-sehari di dalam Lapas.

Sebaliknya jika seorang napi tidak mentaati peraturan yang berlaku di dalam Lapas maka kecil kemungkinan menurutnya napi tersebut akan diusulkan mendapat remisi.

"Kalau tidak taat atau mematuhi aturan maka napi tersebut tidak akan pernah mendapat usulan remisi dari kita," tegasnya.

Napi di Lapas Pangkalpinang kini berjumlah 407 orang.

"Remisi bukanlah hak napi, karena remisi itu bisa didapatkan bisa juga tidak. Sebab remisi itu ada hak dan ada kewajibannya. Nah kewajiban yang dimaksud itu yakni kewajiban persyaratannya. Jadi kalau tidak masuk dalam persyaratan ya tidak dimasuk ke dalam daftar usulan remisi," terangnya lagi.

(BANGKA POS/Ryan A Prakasa)

Tags
Remisi
Napi
Penulis: ryan augusta
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved