Berita Pangkalpinang

Rakor Ketahanan Pangan Babel Bahas Inflasi dan Stunting

Damiri menjelaskan, stunting terkait erat dengan ketahanan pangan, sebab yang menjadi faktor penyebab stunting adalah asupan gizi dari pangan.

Rakor Ketahanan Pangan Babel Bahas Inflasi dan Stunting
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Suasana rakor Dewan Ketahanan Pangan Babel di Gedung Mahligai, Rumdin Gubernur, Kamis (8/8/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Sekretaris Dewan Ketahanan Dinas Pangan Kepulauan Bangka Belitung Ahmad Damiri menyatakan, dua masalah yang dibahas pada rakor Dewan Ketahanan Babel di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Kamis (8/8/2019). Pertama, stunting, dan kedua, inflasi.

Damiri menjelaskan, stunting terkait erat dengan ketahanan pangan, sebab yang menjadi faktor penyebab stunting adalah asupan gizi dari pangan.

Pola Pangan Harapan (PPH) Kepulauan Babel masih berada di angka 81 dari angka ideal 100. "Ini masih rendah. PPH ini misalnya bagaimana keberagaman pangan warga Babel apakah karbohidratnya tercukupi, vitaminnya, proteinnya, dan kandungan gizi lainnya," jelas Damiri.

Rakor juga membahas masalah penyebab inflasi di Babel, mulai dari produksi, distribusi dan ketersediaan pangan. Damiri mengatakan, rakor akan membuat sejumlah rekomendasi yang akan disampaikan ke Ketua Dewan Ketahanan Babel Erzaldi Rosman, dan masing-masing Ketua Dewan Ketahanan Pangan di kabupaten kota.

"Rekomendasi ini akan disampaikan ke gubernur, bupati dam wali kota selaku ketua dewan, termasuk ke pusat," kata Damiri.

Rakor mengundang Pokja Dewan Ketahanan Pangan yang terdiri dari berbagai pihak seperti Dinas Pangan Kabupaten Kota, instansi terkait air bersih, karantina, Dinas Perhubungan, hingga Bulog.

"Kita semua sama brainstrorming saling bantu untuk memecahkan masalah yang ada di daerah kita. Inflasi yang luar biasa karena kondisi kita yang kepulauan yang menyebabkan perlu biaya akses transportasi yang besar sehingga segalanya mahal," kata Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM yang juga mantan Kepala Dinas Pertanian Babel, Toni Batubara.             (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved