Berita Bangka Tengah

Sepanjang Bulan Juli Ada 11 Titik Api di Kabupaten Bangka Tengah, Dominan Ini Penyebabnya

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana BPB Bangka Tengah, Yudi menyebutkan sepanjang bulan Juli 2019 ada sebanyak sebelas titik

Sepanjang Bulan Juli Ada 11 Titik Api di Kabupaten Bangka Tengah, Dominan Ini Penyebabnya
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kebakaran lahan yang terjadi di Jalan Raya Perbatasan Desa Kurau Timur dan Desa Penyak 

BANGKAPOS.COM--Kepala Bidang Penanggulangan Bencana BPB Bangka Tengah, Yudi  menyebutkan sepanjang bulan Juli 2019 ada sebanyak sebelas titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla)  yang telah terjadi di Kabupaten Bangka Tengah.

Ia mengatakan, total titik lokasi yang mengalami kebakaran yaitu ada di sebelas titik yang tersebar di beberapa daerah.

"Yang tercatat di kami yaitu sebanyak sebelas titik. Kesebelas titik itu kalau dihitung-hitung ada puluhan hektar yang terbakar," ujar Yudi pada Kamis, (8/8/2019).

Dari beberapa total titik itu, Yudi menyampaikan kebakaran terjadi karena kebanyakan akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh masyarakat yang melalui suatu lahan kosong yang rentan terbakar.

"Kebakaran tak hanya karena puntung rokok, tapi juga ada karena kelalaian warga yang membakar sampah dan tak memantau titik api," ungkap Yudi.

Dari kesebelas titik tersebut, kebakaran banyak terjadi di sepanjang jalan raya Desa Penyak menuju Koba dan beberapa titik lainnya.

Yudi berharap pada Agustus 2019, titik kebakaran dapat diantisipasi secara kondusif oleh masyarakat Bangka Tengah.

"Semoga kebakaran dapat kita mininalisir dan kami juga akan tetap bersiaga untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran", pungkas Yudi. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved