Berita Pangkalpinang

KPU Babel Menangkan Duel di MK

Hari ini Jumat (9/8) adalah jadwal pembacaan putusan dari Mahkamah Konstutusi terkait, tuntutan empat partai kepada KPU Provinsi Bangka Belitung

KPU Babel Menangkan Duel di MK
(Ist/Deni)
Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Babel Deni. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Hari ini Jumat (9/8) adalah jadwal pembacaan putusan dari Mahkamah Konstutusi terkait, tuntutan empat partai kepada KPU Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Keempat partai tersebut adalah Partai Berkarya, Demokrat, dan Gerindra yang berasal dari jenis pemilihan DPR RI, sedangkan satu partai dari jenis pemilihan DPRD kota Pangkalpinang adalah partai PBB.

Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Babel Deni, mengatakan jika dari keempat partai tersebut menurut putusan MK nomor perkara : 249-07-00/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 Partai Berkarya dinyatakan gugur.

Untuk partai PBB melalui surat putusan MK nomor perkara : 231-07-07/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 partai PBB dinyatakan bahwa permohonan pemohon tidak dapat diterima.

Foto Selfie dengan Petugas Pol PP Tertidur, Gubernur: Saya Itu Bercanda, Malahan Saya Kasih Duit

Serupa dengan PBB, Gerindra pun dinyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima, dalam putusan MK nomor perkara : 148-02-07/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019.

Dan untuk partai Demokrat melalui putusan nomor perkara : 65-14-07/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 bahwa MK menolak permohonan pemohon seluruhnya

"Partai Demokrat ini ada DPR RI dapi Babel, ada DPRD Kabupaten Bangka Selatan Dapil Bangka Selatan 4. Dan putusan MK bahwa menolak permohonan pemohon seluruhnya, sedangkan perkara dari PBB utk DPRD kota Pangkalpinang dapil Pangkalpinang 3 putusan MK mengatakan bahwa permohonan pemohon tidak dapat diterima," ujar Deni, Jumat (9/8) kepada Bangkapos.com

Sehingga secara prinsip dari gugatan keempat partai tersebut, tidak ada satu partai pun yang dikabulkan oleh MK.

Saat ini KPU Babel masih menunggu surat edaran terkait penetapan perolehan kursi dan calon terpilih dari KPU RI, setelah surat tersebut diterima dari KPU RI, maka paling lama lima hari, KPU Provinsi memiliki kewajiban untuk menetapkan calon terpilih di Provinsi Babel.

Lebih lanjut menurut Deni penetapan MK terkait perselisihan pemilu bersifat final dan mengikat, yang berarti tidak ada lagi upaya hukum lainnya untuk perselisihan hasil pemilu.

Ia pun mengucapkan banyak terima kasih kepada KPU Kabupaten/kota, terhadap persiapan alat bukti dan jawaban kepada MK.

"Bagi kami proses menghadapi gugatan di MK ini merupakan bentuk pertanggung jawaban moral, terhadap pelaksanaan pemilu di Provinsi Babel, dan dalam hal ini sesuai putusan MK maka perselisihan pemilu tidak ada persoalan hukum,". (Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Tags
kpu babel
Penulis: Muhammad Rizki
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved