Berita Pangkalpinang

Begini Tanggapan Ketua Bawaslu Babel Terkait Pelaporan oleh LSM

Ketua LSM Betinten, Suryadi kepada bangkapos.com mengakui sudah membuat laporan resmi ke Bareskrim Polri.

Begini Tanggapan Ketua Bawaslu Babel Terkait Pelaporan oleh LSM
Dokumen Bangka Pos
Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Terkait pelaporan yang dilayangkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Betinten kepada penyelenggara pemilu di Babel, Bawaslu dan KPU Babel ke Bareskrim Mabes Polri, Jumat (8/8/2019).

Ketua LSM Betinten, Suryadi kepada bangkapos.com mengakui sudah membuat laporan resmi ke Bareskrim Polri.

"Yang kita laporkan ini caleg yang diduga melanggar dan memalsukan keterangan dalam dokumen, kemudian keterlibatan penyelenggara pemilu, Bawaslu dan KPU Babel," ujar Suryadi kepada bangkapos.com, Sabtu (9/8/2019).

Dia menjelaskan untuk caleg yang dilaporkan terkait memalsukan keterangan dalam SKCK. Caleg tersebut merupakan mantan narapidana tetapi di dalam SKCK yang dikeluarkan Polres Bangka Barat tidak pernah terlibat pidana.

Sementara itu untuk penyelenggara pemilu, yakni Bawaslu Babel dan KPU Babel, dilaporkan kuat dugaan ada keterlibatan dan pemukatan jahat.

"Mereka (Bawaslu dan KPU Babel) tahu dokumen SKCK dan keterangan yang dikeluarkan pengadilan kepada caleg atas nama pak Ar itu ada yang tidak benar dengan faktanya. Sudah ada upaya mediasi, tetapi mengapa tetap saja diloloskan. Jadi kita lihat sudah jelas keterlibatan mereka," ujar Suryadi.

Ketika bangkapos.com mencoba untuk meminta tanggapan penyelenggara Pemilu sekaligus terlapor Bawaslu dan KPU Babel, melalui pesan singkat WhatsApp (WA)

Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan hanya menanggapi singkat berita tersebut, ia menyatakan bahwa hal ini prosesnya sudah selesai melalui mediasi.

"Masalah ini prosesnya sudah selesai melalui mediasi," ujar Edi, Sabtu (10/8) Via WA.

Sementara ketika bangkapos.com siang tadi pukul 14.26 WIB mencoba untuk mengkonfirmasi hal ini kepada ketua KPU Babel Davitri sampai dengan berita ini ditulis belum ada tanggapan apapun dari Davitri.

(bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved