Info Haji 2019

Jemaah Haji Asal Belitung Timur Sudah Berada di Padang Arafah

Kelapa Kantor Kemenag Belitung Timur Masdar Nawawi mengabarkan bahwa calon jamaah haji asal Belitung Timur saat ini sudah berada di arafah.

Jemaah Haji Asal Belitung Timur Sudah Berada di Padang Arafah
(Dokumentasi Kemenag Beltim)
Suasana Jemaah haji asal Belitung Timur sedang berada dalam tenda di padang arafah, Sabtu (10/8/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Kelapa Kantor Kemenag Belitung Timur Masdar Nawawi mengabarkan bahwa calon jamaah haji asal Belitung Timur saat ini sudah berada di Padang Arafah.

"Alhamdulillah 30 orang jemaah Belitung Timur yang tergabung dalam kloter 8/Palembang semua sudah berada di padang Arafah untuk melaksanakan Rukun haji yang Insyaallah siang hari ini mulai tergelincirnya matahari di sembilan zulhijjah," ujar Masdar saat dihubungi posbelitung.co, Sabtu (10/9/2019).

Masdar menjelaskan prosesi wukuf dimulai dengan mendengarkan khutbah wukuf di masing-masing kloter, kemudian shalat Zuhur dan Ashar di qoshor di jama’ Taqdim, serta dilanjutkan dengan muhasabah diri masing-masing, berzikir , berdo’a dan membaca Alqur’an, sampai terbenamnya matahari, yang nanti dilanjutkan shalat maghrib dan Isya’ diqoshor dan dijama’ Taqdim," jelasnya.

Selanjutnya menurut Masdar, seluruh jemaah haji diberangkatkan dan diturunkan di Muzdalifah untuk Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) sejenak sambil mengambil batu krikil untuk bekal melontar Jamarat.

"Lewat tengah malam selanjutnya jemaah kembali diberangkatkan menuju Mina untuk mabit selama 3 malam 4 hari, pada 10 zulhijjah seluruh jemaah haji diwajibkan melontar jumratul Aqobah dilanjutkan dengan Tahallul awwal dengan menggunting rambut minimal 3 helai, yang menandai dibolehkannya melepas pakaian Ihram," ujarnya.

Kemudian pada 11, 12, dan 13 zulhijjah jemaah haji berturut-turut setiap hari melaksanakan wajib haji melontar jumratul Ula, wushto, dan aqobah.

Dia menjelaskan Jemaah haji Indonesia umumnya mengambil nafar Tsani, kemudian pada 13 Zulhijjah sore jemaah haji Indonesia diberangkatkan kembali ke Mekkah, yang selanjutnya melaksanakan Tawaf Ifadah, Sa’i dan diakhiri Tahallul akhir yang menandai selesainya rangkaian rukun dan wajib haji, maka sempurnalah pelaksanaan Ibadah haji.

"Kami doakan semoga semua Jemaah haji Belitung Timur sehat walafiat, mampu melaksanakan dan menyelesaikan seluruh rangkaian rukun dan wajib haji dengan sempurna, hingga memperoleh predikat haji mabrur, aamiin," beber Masdar.

(Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved