Berita Pangkalpinang

PUPR Provinsi Kolaborasi dengan Pemkot Tata Wajah Kota Pangkalpinang

PUPR) Kepulauan Bangka Belitung melakukan sejumlah pekerjaan sebagai upaya berkolaborasi dengan Pemkot Pangkalpinang untuk menata wajah ibu kota.

PUPR Provinsi Kolaborasi dengan Pemkot Tata Wajah Kota Pangkalpinang
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala Dinas PUPR Babel Noviar Ishak 

BANGKAPOS.COM-- Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kepulauan Bangka Belitung melakukan sejumlah pekerjaan sebagai upaya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk menata wajah ibu kota. 

Penataan wajah kota tersebut dibahas saat Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) bertemu dengan Gubernur Babel Erzaldi Rosman beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala Dinas PUPR Babel Noviar Ishak pada pertemuan tersebut, Molen menyampaikan permintaan agar ada revitalisasi jalan di kawasan Semabung. "Ini yang sekarang sedang dikerjakan kan," kata Noviar baru-baru ini.

Pada pertemuan itu, PUPR meminta agar jalan belakang Kelenteng Semabung diperlebar. Kemudian pihaknya juga meminta pemindahan sejumlah tiang listrik di jalan menuju klinik dr. Ase (arah Kantor Wali Kota) agar jalan di sana lebih lebar dan tidak mengganggu lalu lintas.

Kemudian, dibahas pula bahwa saat ini tengah ada sejumlah pengerjaan mulai dari Simpangempat Semabung hingga ke puncak. Beberapa yang tengah dikerjakan adalah jembatan-jembatan yang ada di titik ini.
"Nanti termasuk trotoarnya. Ini yang dikerjakan melalui APBN," ucap Noviar.

*Trotoar Tak Berfungsi 

Dia menjelaskan, saat ini pedestrian di dalam kota tengah ditata. Tujuannya agar layak bagi pejalan kaki dan juga disabilitas seperti di kota-kota lain.

Noviar tak memungkiri, bahwa banyak trotoar di Kota Pangkalpinang yang tak berfungsi sebagaimana mestinya untuk pejalan kaki.

"Iya, ini akan ditata, pelan-pelan tentunya. Sekarang kami lagi coba penataan di Ahmad Yani. Itu juga kami komplain sebenarnya dengan kota, terkait peruntukkannya. Trotoarnya sudah bagus, tetapi sering ada mobil parkir di situ. Kami minta ke Pak Wali-nya agar diatur. Itu dulunya ruas yang dibangun dengan dana provinsi," ucap Noviar.

Penataan pedestrian serupa juga akan dilakukan di sejumlah jalan protokol dalam kota lainnya, seperti di kawasan Gabek dan Semabung. Di Kelenteng Semabung misalnya, pemerintah akan menata kawasan ini sebagai kawasan yang mensimbolkan kerukunan antara umat muslim dan Tionghoa di Babel.

Saat ini penataan kawasan Semabung tersebut tengah dikerjakan. "Ini pelan-pelan, karena ada kawasan yang merupakan kewenangan kota, provinsi, dan pusat. Ini bagian dari upaya kami membantu Pangkalpinang menata wajah ibu kota," ungkap Noviar. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved