Berita Pangkalpinang

VIDEO: Suasana Salat Idul Adha 1440 Di Masjid Jamik Pangkalpinang

Ribuan umat muslim di pusat Kota Pangkalpinang memenuhi sejumlah masjid yang ada di ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menunaikan salat

BANGKAPOS.COM- Ribuan umat muslim di pusat Kota Pangkalpinang memenuhi sejumlah masjid yang ada di ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menunaikan salat Idul Adha 10 Zulhijah, 1440H, Minggu (11/8/2019) pagi. Satu di antaranya di Masjid Jamik, Pangkalpinang.

Salat yang telah dimulai pukul 7.05 WIB dan diimami oleh Nursidi itu berlangsung lancar.  Adapun yang menjadi khatib pada salat kali ini adalah Suryadi H.M. Yusuf.

Suryadi mengawali ceramahnya dengan mengajak para jemaah untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Seusai mendengarkan khotbah, jemaah di Masjid Jamik, Kota Pangkalpinang bermaaf-maafan. 

Di masjid ikonik Pangkalpinang ini nantinya akan diadakan "Nganggung" dan penyembelihan hewan kurban pukul 9.00 WIB. Akan ada penyembelihan hewan kurban sebanyak 18 ekor sapi dan delapan kambing yang merupakan kurban pribadi dan urunan.

Nganggung adalah tradisi yang kerap dilakukan di Masjid Jamik setiap merayakan hari besar Islam. Warga kota dan pengurus masjid akan membawa dulang berisi makanan dan disantap bersama-sama di masjid. 

Pantauan Bangka Pos, jalan-jalan di ibukota tampak lengang setelah pelaksanaan salat Iduladha. Di tempat pemakaman umum Jalan Mentok, tampak ratusan warga berziarah ke makam keluarga dan kerabat mereka.  (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved