Berita Pangkalpinang

Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang Beberkan Ciri Hewan Kurban Sehat dan Teknik Penyembelihan

Idul Adha ditandai dengan pelaksanaan hewan kurban, biasanya sapi maupun kambing harus dalam kondisi sehat sebelum disembelih.

Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang Beberkan Ciri Hewan Kurban Sehat dan Teknik Penyembelihan
bangkapos.com/Ira Kurniati
Pemotongan hewan kurban di rumah dinas Wali Kota, Senin (12/8/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Idul Adha ditandai dengan pelaksanaan kurban. hewan kurban biasanya sapi maupun kambing harus dalam kondisi sehat sebelum disembelih.

Berikut penjelasan juru sembelih hewan Dinas Pangan dan Pertanian Kota Pangkalpinang, Zunaria mengenai ciri hewan kurban yang sehat. Dia menuturkan, secara fisik hewan tidak memiliki kelainan atau catat. Kondisi mata bersih, gerakan hidung bagus, hidung berair dan lebih mengkilat.

"Kalau sapi itu demam bisa kita cek dari sentuhan fisik ke bagian telinganya, Kalau dingin berarti dia sakit, kalau panas artinya kondisi sehat," ujar Zunaria kepada bangkapos.com, Senin (12/8/2019).

Teknik penyembelihan dilakukan dengan melilit tali ke badan hewan tersebut. Demi keamanan, kaki hewan juga harus diikat. Kemudian harus menggunakan pisau yang tajam sehingga kalau bisa hanya sekali gesekan bisa memutuskan saluran pada hewan tersebut.

"Pisau harus tajam, maksimal tiga kali gesekan. Kalau bisa hanya sekali gesekan ke lehernya," tambahnya.

Zunaria menyebutn hewan dapat mengalami stres apalagi ketika situasi yang ramai seperti pelaksanaan kurban. Ketika mendapati kondisi tersebut, penanganan yang dilakukan jangan memukul hewan tersebut dan penanganan tidak boleh dilakukan secara kasar.

"Ketika disembelih, pisaunya tajam dan sesuai syariat maka langsung memutuskan enam saluran hewan tersebut. Kalau sudah putus, baru bisa dilanjutkan semua, seperti dipotong bagian kepalanya," kata Zun.

(bangkapos.com / Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved