Breaking News:

Tips Kesehatan

Jangan Makan Daging Merah Berlebihan, Dokter Sarankan Olahraga dan Minum Air Putih

dr Hasri menyebutkan bahwa memakan daging merah sangat aman selagi tidak berlebihan. Berlebihan dalam arti melebihi porsi sehari-hari.

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Bangkapos
Dokter umum di RSUD Depati Hamzah Pangkapinang, Hasri Novianto 

BANGKAPOS.COM -- Lebaran Idul adha identik dengan kurban daging sapi ataupun kambing. Mitos yang beredar menyebutkan bahwa daging kambing lebih tinggi kemungkinan membuat pemakannya mengalami kolesterol.

Namun, menurut dr Hasri Nopianto, dokter yang bertugas di RSUD Depati Hamzah ini menyangkal mitos tersebut.

"Tidak benar daging kambing lebih berisiko kolesterol. Sama saja sebenarnya dengan daging sapi," kata dr Hasri ketika dihubungi bangkapos.com pada Senin, (12/8/2019).

dr Hasri menyebutkan bahwa memakan daging merah sangat aman selagi tidak berlebihan. Berlebihan dalam arti melebihi porsi sehari-hari.

"Jangan mumpung masih banyak daging di meja makan dimakan semua," seloroh dr Hasri sambil tertawa.

dr Hasri juga menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik setelah memakan daging merah. Aktivitas fisik bisa berupa jalan pagi atau lari-lari kecil.

"Idealnya 150-180 menit per minggu," kata dr Hasri.

Selain itu, dr Hasri juga menjelaskan cara memasak daging yang sehat dari segi medis. Usahakan supaya tidak memasak dengan cara menggorengnya.

Karena jika digoreng akan menambah kadar gula dalam daging. Atau memasaknya dengan tambahan santan akan menambah kalori yang terkandung di dalamnya.

"Akibatnya bisa kena obesitas karena kalori yang masuk melebihi kalori yang dikeluarkan oleh pemakan daging tersebut," jelas dr Hasri.

Untuk yang sudah terlanjur banyak makan daging, dr Hasri menyarankan untuk banyak makan buah-buahan.

"Yang paling penting juga jangan lupa banyak minum air putih sesuai dengan kebutuhan sehari-hari kita. Minimal 8 gelas per hari cukup," tutup dr Hasri. (cr1)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved