Berita Pangkalpinang

MK Tolak Gugatan PBB, KPU Kota Pangkalpinang Siap Gelar Rapat Pleno Terbuka Besok

Rapat pleno terbuka ini merupakan penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kota Pangkalpinang pemilihan umum 2019

MK Tolak Gugatan PBB, KPU Kota Pangkalpinang Siap Gelar Rapat Pleno Terbuka Besok
Istimewa
Komisioner Divisi Perencananaan dan Data Informasi KPU Kota Pangkalpinang Yusmayadi saat ditemui di ruangannya, Senin (12/08). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - KPU Kota Pangkalpinang akan menggelar rapat pleno terbuka, besok Selasa (13/08) di Hotel Swissbell Pangkalpinang pada pukul 08.00.

Rapat pleno terbuka ini merupakan penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kota Pangkalpinang pemilihan umum tahun 2019.

Agenda rapat dapat dilakukan usai Mahkamah Konstitusi menolak gugatan partai PBB kepada KPU Kota Pangkalpinang.

"Putusan Mahkamah Konstitusi terhadap gugatan Putusan KPU untuk Kota Pangkalpinang yang diajukan oleh partai PBB, Alhamdulillah pada tanggal sembilan kemarin sudah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi dengan keputusannya menolak gugatan. Sehingga artinya gugatan itu kabur atau tidak diterima oleh Mahkamah Konstitusi," ujar Komisioner Divisi Perencananaan dan Data Informasi KPU Kota Pangkalpinang Yusmayadi saat ditemui di ruangannya, Senin (12/08).

Lebih lanjut KPU Kota Pangkalpinang juga menerima surat tindak lanjut dari KPU Republik Indonesia untuk segera melakukan rapat pleno terbuka.

"Tanggal 10 Agustus KPU Republik Indonesia sudah mengeluarkan surat tindak lanjut Mahkamah Konstitusi yang mana PKPU nomor 5 tahun 2019 itu mengatur bahwa, lima hari sejak salinan itu Mahkamah Konstitusi diterima oleh KPU Kota Pangkalpinang, maka kami punya kewajiban untuk segera melakukan rapat pleno terbuka penetapan dan perolehan kursi serta penentapan calon terpilih," lanjutnya.

Mengahadapi rapat pleno terbuka, KPU Kota Pangkalpinang telah menyiapkan beberapa berkas untuk melakukan penetapan perolehan kursi dan penentapan calon terpilih.

"Terkait dengan persiapan kami sudah menyiapkan antara lain berita acara model E, kemudian berita acara model E1 yang merupakan rincian perhitungan perolehan kursinya, lalu model E1.1 perolehan suara masing-masing daerah pemilihan, dan juga kita sudah menyiapkan model E1.2 yang merupakan calon-calon terpilih," tuturnya.

Sementara itu dalam rapat pleno terbuka, ketua KPU Kota Pangkalpinang akan membacakan langsung surat keputusan hasil dari rapat pleno terbuka.

"Nanti akan disahkan oleh Ketua KPU Kota Pangkalpinang, lalu penandatanganan berita acara. Setelah itu Ketua KPU Kota Pangkalpinang akan membaca surat keputusannya, kemudian disahkan dan ditetapkan," tutup Yusmayadi.

(bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved