Berita Pangkalpinang

Pemprov Ditargetkan Punya Struktur Baru Perangkat Daerah pada 2020

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Seksa) Babel Yulizar menyatakan, pembahasan restrukturisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepula

Pemprov Ditargetkan Punya Struktur Baru Perangkat Daerah pada 2020
Dokumen Bangka Pos
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM- Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Seksa) Babel Yulizar menyatakan, pembahasan restrukturisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah hampir final. Pembahasan sudah mengerucut kepada struktur yang ideal. 

Targetnya, pada 2020 mendatang, Pemprov Babel diharapkan memiliki struktur perangkat daerah yang baru.

"Ini sudah hampir final. Kalau targetnya, kami pengin secepatnya. Kalau prosesnya bisa, di awal tahun (2020) itu sudah struktur baru," kata Yulizar, Senin (12/8/2019).

Dia mengatakan, restrukturisasi perangkat daerah dilakukan dengan pertimbangan sejumlah hal seperti efisiensi dan beban kerja. Selain itu, pihaknya perlu melakukan penataan agar tidak ada saling tabrak unit organisasi dalam menjalankan tugas tertentu.

"Supaya tidak ada unit organisasi yang pekerjaannya over lapping, tumpang tindih dengan dinas lain," katanya.

Saat ini restrukturisasi terus digodok. Beberapa yang diketahui akan ada penyesuaian perangkat daerah adalah perampingan OPD seperti Dinas Pangan yang dimerger dengan Dinas Pertanian, penataan perangkat daerah humas dan protokol, restukturusiasi biro umum dan pembangunan. 

Dia mengatakan, prosesnya terus berjalan sambil menunggu perkembangan apakah pusat juga akan melakukan perombakan kementerian sehingga akan berdampak bagi perangkat daerah.

"Ini sedang digodok teknisnya di biro organisasi. Saya kira ini sambil jalan juga menyesuaikan. Marena kita juga belum tahu apakah di pusat akan ada perubahan, setelah ada pelantikan kabinet baru biasanya mungkin juga akan kami sesuaikan," katanya.

Kepala Biro Organisasi Setda Babel, Harry Patriadi dalam paparannya pada rapat pembahasan beberapa waktu lalu mengatakan, akan ada perampingan OPD di lingkungan Pemprov Babel, diantaranya Biro Pembangunan digabung dengan Biro Ekonomi, Biro Humas dan Protokol akan di gabung ke Kominfo dan Biro Umum Setda Babel, BKPSDMD Babel akan di pisah dengan Diklat.

“Terdapat tiga asas yang menjadi dasar dilakukan evaluasi terhadap perangkat daerah yang sudah dibentuk, diantaranya asas efisiensi, efektifitas dan tata kerja yang jelas,” kata Harry seperti dikutip pada laman Humas dan Protokol Setda Babel.

Selain membahas strukturisasi OPD, rapat juga membahas rencana penggabungan  strukturisasi merampingkan sejumlah jabatan eselon 3 dan eselon 4 pada biro-biro dan dinas-dinas tersebut. Dibahas pula inventarisasi masalah rencana strukturisasi perangkat daerah dengan perubahan peraturan daerah.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan restrukturisasi rencana perampingan perangkat Daerah yang akan di bahas ini harus dibagi dua. Perlu dipisahkan mana restrukturisasi yang menggunakan Pergub dan mana yang mengunakan Perda.

Begitu disepakati Restrukturisasi Rencana Perampingan Perangkat Daerah, maka akan disepakati anggaran 2020 diuubah juga, termasuk rencana perubahan Perdanya.

“Jadi, di 2020 sudah bisa dipakai oleh organisasi perangkat daerah yang baru,” kata Erzaldi seperti dikutip pada laman Humas Protokol Setda Babel beberapa waktu lalu.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)
 

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved