Advertorial

Mahasiswa KKN UBB Latih Warga Memasarkan Produk Lewat Medsos

Mahasiswa UBB melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah Pesisir Pantai Serdang, Desa Baru, Kecamatan Manggar Kabupaten Belitung Timur

Mahasiswa KKN UBB Latih Warga Memasarkan Produk Lewat Medsos
Istimewa
Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah Pesisir Pantai Serdang, Desa Baru, 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah Pesisir Pantai Serdang, Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggelar pelatihan pembuatan otak-otak khas Bangka untuk masyarakat desa setempat.

Kegiatan ini dilakukan oleh Divisi Kewirausahaan bertujuan meningkatkan kemampuan mas­yarakat dalam pengelolaan hasil laut salah satunya ikan.

Desa Baru diketahui memiliki kawasan laut yang menghasilkan ikan dengan kualitas yang sangat luar biasa. Namun, mas­yarakat kurang mampu dalam menciptakan produk yang kreatif dan inovatif dari hasil laut yang mereka miliki.

Kehadiran mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung memberikan dampak yang sa­ngat positif bagi masyarakat setempat. Bahkan mereka selalu mengharapkan kehadiran mahasiswa dalam mening­katkan kemampuan masyarakat di Desa Baru.

Sebelum memberikan pelatihan kepada masyarakat pada 31 Juli 2019 lalu, mahasiswa melakukan beberapa kunjungan UMKM di Desa Baru untuk me­ng­­etahui produk apa saja yang dihasilkan oleh masyarakat dari hasil laut yang mereka miliki.

Ternyata masyarakat hanya menghasilkan kerupuk ikan dari hasil laut yang mereka miliki dan hampir seluruh UMKM yang terdapat di Desa Baru menghasilkan produk yang sama dengan lokasi yang sangat dekat.

Sangat disayangkan dengan hasil laut yang sangat luar biasa, masyarakat hanya menghasilkan kerupuk ikan karena dengan hasil laut yang dimiliki sebenarnya mampu menghasilkan berbagai macam produk lainnya salah satunya, otak-otak.

Kehadiran mahasiswa KKN di Desa Baru, juga ingin memberikan perubahan kepada mas­yarakat terutama untuk kalangan ibu rumah tangga.

Target dalam pelatihan pembuatan otak-otak khas Bangka ini adalah ibu rumah tangga. Alasan yang paling utama adalah untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Para ibu-ibu ini sangat senang akan kehadiran mahasiswa UBB dalam memberikan pelatihan pembuatan otak-otak, karena menambah ilmu mereka dalam mengelola hasil laut yang dimiliki.

Halaman
12
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved