Pengamanan di Sumbagsel Ketat, Pelabuhan di Bangka Belitung Jadi Tempat Transit Narkoba

Wilayah Bangka Belitung (Babel) dijadikan jalur transit narkoba ke Pulau Jawa, hal ini dikarenakan ketatnya pengamanan di wilayah Sumbagsel

Pengamanan di Sumbagsel Ketat, Pelabuhan di Bangka Belitung Jadi Tempat Transit Narkoba
Bangka Pos/Deddy Marjaya
Kapolda Brigjen Pol Istiono bersama pejabat baru Dit Resnarkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Mirzal Alwi dan pejabat lama Kombes Pol Suhirman usai setijab Kamis (4/4/2019) di gedung Tribrata. 

Pengamanan di Sumbagsel Ketat, Pelabuhan di Bangka Belitung Jadi Tempat Transit Narkoba

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wilayah Bangka Belitung (Babel) dijadikan jalur transit narkoba ke Pulau Jawa, hal ini dikarenakan ketatnya pengamanan di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Hal ini diungkapkan oleh Dir Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Mirzal Alwi Selasa (13/8/2019) menanggapi penangkapan narkoba jenis ganja sebanyak 500 kg di Jakarta. Ganja asal Aceh tersebut masuk Jakarta setelah lebih dulu transit di Pulau Bangka.

"Seperti yang saya katakan beberapa waktu lalu (Penyebab Bangka Belitung Jadi Jalur Baru Masuknya Narkoba) bahwa jaringan narkoba memanfaatkan wilayah Bangka Belitung karena ketatnya aparat mencegah masuknya narkoba lewat jalur Selatan Pulau Sumatera," kata Kombes Pol Mirzal Alwi.

"Namun demikian pada prinsipnya tidak perlu menjadi permasalahan siapa yang menangkap dan diwilayah manapun dalam penangkapan dan pengungkapan narkoba. Yang pasti berhasil mencegah narkoba beredar dan digunakan masyarakat,"

Ia mencontohnya pengungkapan di Jakarta sebanyak 500 kg ganja berhasil diamankan. Dimana berhasil diungkap seluruh jaringan mulai dari pengirim narkoba, penerima narkoba hingga pengatur jaringan.

"Itu pertimbangannya kalau diungkap di Jakarta semua yang terlibat berhasil dibongkar berbeda kalau diungkap disini jaringannya bisa terputus," ujar Mirzal Alwi

Ditambahkannya jaringan narkoba memanfaatkan pelabuhan pelabuhan di Bangka Belitung sebagai pintu masuk perlintasan.

Selanjutnya kembali dibawa menuju Jakarta dari Bangka Belitung lewat Pelabuhan resmi menggunakan berbagai cara dan kamuflase.

"Tetap memanfatkan pelabuhan pelabuhan yang ada di Bangka Belitung sebagai pintu masuk dan keluar kembali narkoba sebagai transit," kata Kombes Pol Mirzal Alwi.

Berita Terkait Ternyata Ini Penyebab Bangka Belitung Jadi Jalur Baru Masuknya Narkoba

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved