Berita Bangka Tengah

PNS Ingin Ajukan Pindah Tugas Harus Penuhi Syarat Ini

Kepala BKPSDMD Bangka Tengah, Wahyu Nurrakhman menyampaikan syarat pegawai yang ingin mengajukan pindah tugas ke tempat baru

PNS Ingin Ajukan Pindah Tugas Harus Penuhi Syarat Ini
bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Bangka Tengah, Wahyu Nurakhman 

BANGKAPOS.CO, BANGKA - Kepala Bidang Mutasi BKPSDMD Bangka Tengah, Dhani Effendi mewakili Kepala BKPSDMD Bangka Tengah, Wahyu Nurrakhman menyampaikan pegawai yang ingin mengajukan pindah tugas ke tempat baru harus sudah bertugas minimal 10 tahun.

Kepada bangkapos.com Dhani menyebutkan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 36 Tahun 2018, pegawai tak diizinkan mengajukan pindah dengan berbagai alasan minimal sepuluh tahun sejak dilantik menjadi pegawai negeri. Selasa, (12/8/2019).

Berikut ini merupakan penggalan isi Permenpan-RB Nomor 36 Tahun 2018 yang mengatur tentang kebijakan pindahnya seorang pegawai:

"Peserta seleksi yang sudah dinyatakan lulus wajib membuat surat pernyataan bersedia mengabdi pada instansi yang bersangkutan dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya selama 10 (sepuluh) tahun sejak TMT PNS".

"Dalam hal peserta seleksi sudah dinyatakan lulus oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sebagaimana dimaksud di atas tetap mengajukan pindah, yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri".

Ketika seorang pegawai sudah bertugas lebih dari sepuluh tahun dan ingin mengajukan pindah tugas, Dhani menyebutkan ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh yang bersangkutan yaitu surat kesiapan badan/lembaga yang akan dituju, surat permohonan yang bersangkutan kepada Gubernur/Bupati/Walikota, salinan SK CPNS dan SK terakhir serta mengajukan penilaian prestasi kinerja karyawan selama dua tahun terakhir.

Dari periode Januari 2019 hingga hari ini, Selasa, (13/8/2019) telah ada 20 pegawai yang mengajukan pindah tugas dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Bangka Tengah menuju tempat tugas yang baru.

Kepala Bidang Mutasi BKPSDMD Bangka Tengah, Dhani Effendi mewakili Kepala BKPSDMD Bangka Tengah, Wahyu Nurrakhman menyampaikan kepada bangkapos.com bahwa kebanyakan pegawai yang berasal dari Bangka Tengah mengajukan pindah dengan beberapa macam alasan, termasuk di dalamnya untuk pengembangan karir.

"Yang mengajukan pindah tidak hanya dengan alasan pengembangan karir, tapi ada juga yang pindah karena alasan keluarga atau orangtua", ujar Dhani pada Selasa, (13/8/2019).

Dhani melanjutkan pegawai yang mengajukan pindah karena alasan keluarga dan orangtua untuk lebih dekat bersama keluarga sekaligus menjaga orangtua yang kemungkinan sudah lanjut usia dan butuh pengawasan atau pendampingan dari anak-anaknya.

Terkait dengan tujuan tempat pindah, Dhani menyebutkan kebanyakan pegawai asal Bangka Tengah mengajukan diri pindah ke Provinsi Sumatera Selatan.

"Sejauh ini yang kami ketahui pegawai yang mengajukan pindah itu ke Sumatera Selatan seperti Banyuasin, Palembang dan beberapa kabupaten-kota di Sumatera Selatan", pungkas Dhani.

(bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved