Berita Pangkalpinang

Rudianto Tjen Nilai MK Sudah Putuskan dengan Maksimal Perkara Sengketa Hasil Pemilu 2019

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap gugatan sengketa hasil Pemilu 2019 sudah dilakukan dengan cara berhati-hati dan sangat teliti.

Rudianto Tjen Nilai MK Sudah Putuskan dengan Maksimal Perkara Sengketa Hasil Pemilu 2019
Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Anggota DPR RI Asal Babel, Rudianto Tjen 

BANGKAPOS. COM-- Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap gugatan sengketa hasil Pemilu 2019 sudah dilakukan dengan cara berhati-hati dan sangat teliti.

"Dalam memutuskan perkara, hakim MK sudah betul-betul melaksanakan tugasnya dengan maksimal," jelas Rudianto Tjen, Politisi PDI Perjuangan, Selasa (13/8/2019).

Dikatakan Rudianto , hakim MK sudah periksa semua dengan data-data dan bukti-bukti yang ada sehingga dalam memutuskan perkara dengan sangat maksimal dan adil.

"Apalagi perbedaan suara di Babel cukup tinggi. Maka berdasarkan data yang ada, hakim MK menetapkan suara yang tertinggi," ungkapnya.

Namun menurut Rudianto, bila selisih suara yang diraih ada perbedaan sedikit, maka hakim MK akan lebih teliti dengan melihat per Tempat Pemungutan Suara (TPS( dan C1 masing-masing calon dibandingkan untuk dihitung ulang.

Rudianto mengatakan proses demokrasi di Babel sudah berjalan dengan adil dan terbuka.

Dikatakannya, majelis hakim MK membacakan dengan alasan-alasan yang cukup semua.

Namun Anggota DPR RI daerah pemilihan Babel ini, belum tahu Komisi Pemiihan Umum (KPU) Republik Indoensia (RI) melakukan rapat pleno.

"Saya belum tahu kapan dilaksanakan rapat pleno KPU RI. Namun kemungkinan diumumkan satu hingga dua hari ke depan," katanya.

Harapan Rudianto agar hasil rapat pleno KPU RI dapat diputuskan dan diumumkan secara terbuka.

Dengan demikian, calon legislatif terpilih yang sudah pasti dan mempunyai kekuatan hukum tetap dan bisa mengikuti proses pelantikan sebagai wakil rakyat.

Sedangkan untuk pelantikan Anggota DPR RI selalu dilakukan pada 1 Oktober dan  pelantikan presiden pada 25 Oktober 2019. (Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn)

Penulis: agusrya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved