Berita Bangka Tengah

Sejak Oktober 2018, Pengadilan Negeri Koba Sudah Tuntaskan 480 Perkara

Sejak lepas dari Pengadilan Negeri Sungailiat pada Oktober 2018 lalu, Pengadilan Negeri Koba sudah selesaikan 480 perkara sampai dengan Agustus 2019.

Sejak Oktober 2018, Pengadilan Negeri Koba Sudah Tuntaskan 480 Perkara
bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kepala Humas Pengadilan Negeri Koba, Yuliana 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Sejak lepas dari Pengadilan Negeri Sungailiat pada Oktober 2018 lalu, Pengadilan Negeri Koba sudah selesaikan 480 perkara sampai dengan Agustus 2019.

Kepala Humas Pengadilan Negeri Koba, Yuliana menyebutkan sudah hampir setahun PN Koba berdiri secara mandiri, pihaknya telah melakukan penyelesaian perkara sampai dengan hari ini, yaitu 480 kasus.

Kasus-kasus tersebut lanjut Yuliana mulai dari perkara Pidana seperti pidana anak, pidana biasa, pidana tipiring dan pidana tilang. Sedangkan perkara perdata seperti misalnya gugatan ataupun permohonan.

"Waktu PN Koba masih menginduk di PN Sungailiat semua perkara diselsaikan di sana namun karena kita sudah melalukan persidangan sendiri sampai dengan hari ini sudah 480 kasus", ujar Yuliana kepada bangkapos.com

Sejak diresmikan secara simbolik pada Senin, (22/20/2018) lalu, kini Pengadilan Negeri Koba dapat melakukan penyelesaian perkara secara independen atau mandiri tanpa harus menginduk ke Pengadilan Negeri Sungailiat, Bangka.

Ketika ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, (13/8/2019), Yuliana selaku Kepala Humas Pengadilan Negeri Koba menyebutkan sejak disahkannya Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2016 di Talaud, Sulawesi Utara, Pengadilan Negeri Koba bersama dengan 84 Pengadilan Negeri lainnya di Indonesia secara resmi berdiri.

"Setelah disahkan oleh Mahkamah Agung, PN Koba Alhamdulillah dapat berdiri sendiri dan resmi beroperasi sejak empat hari diresmikan yaitu bertepatan pada Jumat, (26/10/2018)", ucap Yuliana kepada bangkapos.com

Terkait dengan wilayah hukum, Yuliana menyebutkan wilayah hukum yang dipegang oleh Pengadilan Negeri Koba sesuai dengan Kepres Nomor 14 Tahun 2016 hanya Kabupaten Bangka Tengah saja.

Sedangkan untuk Kabupaten Bangka Selatan yang dulunya bersama-sama dengan Bangka Tengah menginduk di Pengadilan Negeri Sungailiat kini masih harus menginduk di Pengadilan Negeri Sungailiat meskipun secara geografis berdekatan dengan Pengadilan Negeri Koba, Bangka Tengah.

"Secara wilayah kita memang berdekatan dengan Bangka Selatan namun untuk penyelesaian perkara Basel masih harus menginduk ke PN Sungailiat. Itu sudah menjadi ketentuan Undang-undang yang ada", pungkas Yuliana yang juga merupakan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Koba.

(bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved