Berita Pangkalpinang

Seluas 60 Hektar Kebakaran Hutan dan Lahan Terjadi di Kota Pangkalpinang Saat Musim Kemarau

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kerap terjadi belakangan, apalagi saat musim kemarau ini.

Seluas 60 Hektar Kebakaran Hutan dan Lahan Terjadi di Kota Pangkalpinang Saat Musim Kemarau
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Plt Kasat Pol PP Pangkalpinang, Susanto 

BANGKAPOS.COM-- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kerap terjadi belakangan, apalagi saat musim kemarau ini. Bidang Pemadam Kebakaran, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pangkalpinang, mencatat sepanjang 2019 sekitar 60 hektar luas karhutla. Terlebih mendominasi sekitar bulan Juni hingga saat ini.

"Ada sekitar 40 hektar lahan dan hutan terbakar pada musim kemarau. Titik ini menyebar di tujuh kecamatan," jelas Susanto, Plt Kasat Polisi Pamong Praja Pangkalpinang, Selasa (13/8/2019).

Menurutnya, daerah yang rawan diantaranya komplek perkantoran gubernur, Temberan, Tuatunu, sekitar SMP Negeri 10 dan Selindung. Bahkan, sejak dua bulan terakhir, diakui Susanto, hampir setiap hari ada laporan mengenai kebakaran.

"Tadi saja di Gerunggang hampir satu hektar. Hampir tiap hari ada laporan kebakaran, bahkan sampai tiga atau empat kali," ungkap Susanto.

Ia menilai, penyebab kebakaran dipicu kelalaian manusia membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah bukan pada tempatnya terlebih tidak dilakukan pantauan dan bisa juga disebabkan karena faktor alam apalagi pada saat musim kemarau.

Mantan Camat Tamansari ini mengimbau, masyarakat menjaga lingkungan sekitar dan tidak melakukan aktivitas pembakaran di lahan kosong tanpa pengawasan petugas.

Dia juga meminta perokok tidak sembarangan membuang puntung yang dapat berimbas pada kejadian kebakaran.

"Saya mengimbau masyarakat ikut menjaga lingkungan, tidak membuang puntung rokok sembarangan. Tidak membakar lahan secara sengaja, meskipun belum kami dapati laporan tersebut, cuma kita harus antisipasi jangan sampai kejadian seperti itu," tegas Susanto. (Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved