Berita Sungailiat

YPN Belinyu Sembelih Tiga Ekor Sapi, Dagingnya Dibagi-bagi

Yayasan Pendidikan Nasional (YPN) Belinyu Bangka setiap tahun menggelar acara penyembelihan hewan kurban.

YPN Belinyu Sembelih Tiga Ekor Sapi, Dagingnya Dibagi-bagi
IST/Iwan Suwarno
Yayasan Pendidikan Nasional (YPN) Belinyu Bangka setiap tahun menggelar acara penyembelihan hewan kurban. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Yayasan Pendidikan Nasional (YPN) Belinyu Bangka setiap tahun menggelar acara penyembelihan hewan kurban. Saat Lebaran Idul Adha 1440 H, Tahun 2019 ini, kegiatan serupa kembali digelar.

"YPN merupakan Yayasan Pendidikan Nasional yang menaungi beberapa sekolah, seperti SLB, SMP, SMA dan SMK. Sekolah-sekolah YPN tersebut semuanya sudah ada sejak dulu di Belinyu. Nah, tahun ini YPN mengurbankan tiga ekor sapi," kata Ketua Harian YPN Belinyu, Hadijah diwakili Panita Kurban YPN, Iwan Suwarno kepada bangkapos.com, Selasa (13/8/2019).

Iwan Suwarno yang juga merangkap Bagian Dokumentasi YPN menyebutkan, proses penyembelihan hewan kurban dihadiri para guru dan murid di sekolah yayasan tersebut.

"Alhamdulillah, pada tahun ini YPN Belinyu kembali dapat melakukan kurban tiga ekor sapi. Tujuannya sebagai Syiar Islamiyah, sayang dan hormat siswa kepada orang tua, meningkatkan kesalehan ritual dan sosial, mempererat ukhuwah dan silaturahmi guru, siswa dan orang tua," katanya.

Makna lain kurban hewan saat Idul Adha di yayasan ini kata Iwan untuk menanamkan karakter yakin, ikhlas, taat, sabar dan rela berkorban seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, pada masa itu.

"Diharapkan karakter yakin, ikhlas, taat, sabar dan rela berkorban tertanam pada diri siswa-siswi YPN," harapnya.

Sementara itu proses pemotongan tiga ekor sapi dilakukan, Senin (12/08/2019) di halaman YPN Belinyu melibatkan masyarakat, guru, OSIS dan siswa YPN. Hadijah, sebagai Ketua Harian YPN, di acara itu memastikan, tiga ekor sapi tersebut merupakan pemberian guru dan siswa.

"Tiga ekor sapi ini berasal dari gotong royong guru-guru dan siswa YPN. Daging kurban tersebut dibagikan kepada siswa-siswi dan pihak-pihak yang berhak menerimanya," kata Hadijah.

Hadijah juga mengharapkan pemotongan hewan kurban di lingkungan YPN dapat kembali dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya. Para siswa dipastika antusias menyaksikan pemotongan hewan kurban tersebut dimulai Pukul 08.00 WIB.

Selanjutnya setelah pembagian daging kurban, acara dilanjutkan makan siang bersama guru dan murid dan juga panitia kurban di lokasi yang sama.

(bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved