Berita Pangkalpinang

Aki Lampu Panel Surya di Jalanan Rentan Dicuri, Ternyata Harganya Mahal

Lampu PJU (Penerang Jalan Umum) dari panel surya di beberapa kawasan Bangka Belitung rentan dicuri.

Aki Lampu Panel Surya di Jalanan Rentan Dicuri, Ternyata Harganya Mahal
bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Beberapa jenis lampu penerang jalan panel surya 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lampu PJU (Penerang Jalan Umum) dari panel surya di beberapa kawasan Bangka Belitung rentan dicuri.

Cara kerja lampu panel surya ini lebih unggul dibandingkan lampu listrik. Sebab saat siang hari solar panel akan menyerap energi matahari dan menyimpannya kemudian saat malam akan otomatis hidup.

Lampu panel surya ini terdiri dari tiang lampu, aki, lampu jalan, dan solar panel. Bagian yang rentan dicuri pada bagian aki. Hal ini dikarenakan aki pada lampu panel surya lumayan mahal, dan bernilai.

"Harga aki panel surya mahal kalau dibandingkan komponen penyusun lainnya. Makanya rentan dicuri. Harga second (bekas) saja bisa Rp 500 ribu atau lebih," ujar Ferdi, Penjaga toko, Dunia Lampu Electric, Jalan Mayor Syafrie Rachman No 26 GH, Pangkalpinang saat ditemui bangkapos.com. Rabu, (14/8/2019).

Ferdi juga mengatakan, aki dibagi menjadi 3 jenis seperti aki kering, aki basah, dan aki jel. Aki ini dibedakan dari komposisi pembuatanya, aki jel dibandingkan yang lain harganya lebih mahal.

Harga baru aki panel surya beragam, sesuai dengan kapasitasnya. Kapasitas dimulai dari 20 A - 60 A, untuk harga dimulai dari Rp 1, 5 juta - Rp 4 juta. Apabila ingin membeli 1 set lengkap komponen lampu panel surya kisaran Rp 15 juta.

Disebabkan harga aki yang lumayan mahal tersebut sehingga memicu oknum yang tidak bertanggung jawab tertarik mencuri aki panel surya. Hal ini akan merusak fasilitas umum dan menganggu kenyamanan bersama.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved