Berita Pangkalpinang

Lampu Panel Surya Banyak Diminati di Daerah Sulit Listrik

Lampu panel surya banyak diminati oleh pabrik yang berada di daerah yang sulit listrik sebagai PJU (Penerang Jalan Umum)

Lampu Panel Surya Banyak Diminati di Daerah Sulit Listrik
bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Seorang penjual lampu penerang jalan panel surya 

BANGKAPOS. COM, BANGKA -- Lampu panel surya banyak diminati oleh pabrik yang berada di daerah yang sulit listrik sebagai PJU (Penerang Jalan Umum).

Lampu panel surya yang tidak memerlukan tenaga listrik lagi. Memiliki keunggulan yang berbeda dengan lampu listrik biasa.

"Biasanya yang sering beli itu, orang dari pabrik perkebunan sawit yang jauh, susah listrik, dan gedung walet misalnya di Sungaiselan itu," ungkap Ferdi, penjaga toko Dunia Lampu Electric, Jalan Mayor Syafrie Rachman No 26 GH, Pangkalpinang saat ditemui bangkapos.com. Rabu, (14/8/2019).

Pemerintah kota jarang menggunakan lampu panel surya, hanya beberapa kawasan di Bangka Belitung yang menggunakan lampu panel surya.

"Jarang kalau bagian pemerintahan beli disini, biasanya langsung beli dipihak ketiga kalau mereka. Pernah ada kemarin tapi karena harga mahal, mungkin anggaran tidak cukup, masih banyak yang pakai lampu listik kalau untuk penerang jalan umum daerah ini," ungkap Ferdi.

Penggunaan lampu panel surya jarang digunakan sebab harga yang tinggi dibandingkan lampu listrik biasa. Aki pun tempat penyimpan energi matahari tidak terlalu tahan lama. Kisaran ketahanan 1-2 tahun. Setelah itu rusak, atau bekerja tidak maksimal sehingga aki perlu diganti.

Akan tetapi untuk daerah yang sulit memperoleh tenaga listrik lampu panel surya sangat digemari. Karena membeli kabel listrik untuk menghubungkan aliran listrik di daerah tersebut akan setimpal dengan pembelian lampu panel surya yang berharga satu set komponen mencapai Rp 15 juta. Kalau lampu listrik kisaran harga Rp 600 ribu.

Beberapa jenis lampu penerang jalan panel surya
Beberapa jenis lampu penerang jalan panel surya (bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Keunggulan Lampu Panel Surya dan Harganya yang Mahal

Lampu PJU (Penerang Jalan Umum) dari panel surya di beberapa kawasan Bangka Belitung rentan dicuri.

Cara kerja lampu panel surya ini lebih unggul dibandingkan lampu listrik. Sebab saat siang hari solar panel akan menyerap energi matahari dan menyimpannya kemudian saat malam akan otomatis hidup.

Halaman
12
Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved