70 Persen Pendapatan Asli Daerah Bangka Tengah Berasal Dari Kecamatan Pangkalan Baru

Pendapatan Asli Daerah Bangka Tengah hingga saat ini sebagian besar masih ditopang oleh pendapatan yang berasal dari Kecamatan Pangkalan Baru.

70 Persen Pendapatan Asli Daerah Bangka Tengah Berasal Dari Kecamatan Pangkalan Baru
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Bangka Tengah, Erwin David 

70 Persen Pendapatan Asli Daerah Bangka Tengah Berasal Dari Kecamatan Pangkalan Baru

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pendapatan Asli Daerah Bangka Tengah hingga saat ini sebagian besar masih ditopang oleh pendapatan yang berasal dari Kecamatan Pangkalan Baru.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Bangka Tengah, Erwin David menyebutkan kepada bangkapos.com jika sumbangan yang disalurkan oleh Kecamatan Pangkalan Baru terhadap Pandapatan Asli Daerah (PAD) Bangka Tengah baik itu melalui pajak, retribusi dan pendapatan lainnya mencapai angka 70 persen.

Tingginya pencapaian nilai yang disumbangkan oleh Pangkalan Baru terhadap PAD Bangka Tengah adalah karena strategisnya wilayah Pangkalan Baru yang juga berbatasan langsung denga Kota Pangkalpinang dan Kawasan Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Sebagaimana yang kita ketahui Bandar Udara Pulau Bangka juga ada di Bangka Tengah sehingga ini juga turut membantu peningkatan PAD kita", ujar Erwin ketika ditemui pada Kamis, (15/8/2019).

Selain itu tingginya pembangunan di Pangkalan Baru lanjut Erwin karena tentunya jika wisatawan datang berkunjung ke Pulau Bangka maka wisatawan tersebut tentu akan mencari penginapan ataupun restoran yang berdekatan dengan Bandara.

"Semisalnya keluar dari Bandara, wisatawan pasti mencari hotel di dekat bandara sehingga tak banyak waktu yang terbuang dan ini menjadi kesempatan kita untuk menambah pendapatan daerah", ucap Erwin.

Dengan adanya Bandara juga lanjut Erwin, Penghasilan baik itu PBB, Restribusi Parkir, Pajak Restoran atau Rumah Makan dan sebagainya dapat menjadi penghasilan tetap daerah.

Meskipun Pangkalan Baru menjadi penyumbang utama, Erwin berharap Koba juga dapat berpacu lebih baik dengan dijadikan pusat kepariwisataan Bangka Tengah.

"Kami juga berupaya agar di tahun-tahun mendatang retribusi atau pendapatan lainnya dapat disumbangkan dari Koba dari aspek pariwisata seperti Danau Kaolin, namun masih perlu banyak pertimbangan dan kesepatakan", ujarnya.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved