Advertorial

BPN Babel Kembangkan Aplikasi

Penataan Pertanahan untuk Nasional, Guna Mendukung Era Digitalisasi yang Dicanangkan Kementerian

BPN Babel Kembangkan Aplikasi
istimewa
KEPALA Bidang Penataan Pertanahan Kanwil BPN/ATR Kepulauan Bangka Belitung Dr Firyadi mengĀ­atakan, saat ini pihaknya sedang mengembangkan aplikasi digital. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Bidang Penataan Pertanahan Kanwil BPN/ATR Kepulauan Bangka Belitung Dr Firyadi mengatakan saat ini pihaknya sedang mengembangkan aplikasi digital.

Apli­kasi ini dibuat sedemikian rupa sehingga siapapun bisa de­ngan mudah mengakses data penataan pertanahan dan ruang, baik instansi pemerintah, swasta, masyarakat umum karena berbasis web dan sa­ngat mudah digunakan. Aplikasi tengah di­uji coba Jika dinilai telah siap dan mendapatkan dukungan pusat, maka ­aplikasi ini dapat digunakan secara nasional.

Fungsi aplikasi ini nantinya adalah untuk kemudahan pela­yanan, terutama ketepatan dan kecepatan waktu pelayanan. Pelayanan perizinan yang berhubungan dengan penataan pertanahan yang selama ini membutukan waktu berbulan bulan, cukup hanya beberapa menit saja bisa diambil keputusannya. Manfaat lain dapat memimalisir tumpang tindih perizinan yang dikeluarkan beberapa instansi.

Misalnya izin lokasi, izin usaha pertambangan, izin usaha perkebunan. Aplikasi ini bisa digunakan untuk me­ngetahui apakah lahan termasuk kawasan Hutan Produksi, Hutan Lindung hingga Persawahan dan kawasan tambang

“Aplikasi ini kami kembangkan sehingga seluruh wilayah, da­tanya ada di dalam genggaman para pengambil keputusan. Ini juga bisa memudahkan pengawasan alih fungsi lahan. Kalau dari sisi investor, mereka bisa tahu betul status lahannya. Kalau ini diterapkan, jumlah seng­keta lahan itu akan menurun karena tidak ada tum­pang tindih lahan dan rencana tata ruang wilayah dapat diterapkan,” kata Firyadi.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved