Kriminalitas

Ini Tips dari Kapolsek Pemali untuk Hindari Terjadinya Curat

Kejahatan bisa terjadi di manapun dan kapan saja, termasuk di wilayah Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka

Ini Tips dari Kapolsek Pemali untuk Hindari Terjadinya Curat
(ferylaskari)
Kapolsek Pemali, Ipda AF Pulungan 

BANGKAPOS.COM-- Kejahatan bisa terjadi di manapun dan kapan saja, termasuk di wilayah Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka. Kemungkinan pidana yang berpotensi di kecamatan ini, utamanya tindak pidana pencurian melalui cara pemberatan (curat).

"Untuk saat ini curat (lebih dominan--red), tetapi tidak begitu banyak," kata Kapolres Bangka diwakili Kapolsek Pemali Ipda AF Pulungan ditemui Bangkapos.com di ruang kerjanya, Kamis (15/8/2019).

Ada berbagai faktor penyebab munculnya kasus curat di rumah warga atau tempat lainnya, namun diduga faktor utama penyebabnya karena pelaku terhimpit ekonomi sehingga melakukan perbuatan tercela. "Penyebabnya himpitan ekonomi," katanya.

Oleh karena itu, kapolsek mengimbau agar masyarakat waspada. Cara atau tips paling jitu agar tak jadi korban, masyarakat harus memposisikan dirinya sebagai polisi. "Tipsnya yang pertama, masyarakat kita imbau jadilah polisi pada dirinya sendiri, supaya bisa mengamankan harta bendanya," saran polsek.

Menurutnya,pencurian tak akan terjadi jika pelaku tak punya kesempatan. Oleh karena itu, jangan beri ruang atau kesempatan pada pelaku sehingga tidak jadi korban. "Karena pelaku ini kan sebenarnya tidak ada niat, tapi karena ada kesempatan, maka dia melakukan (pencurian)," kata kapolsek.

Jika kesempatan tertutup rapat, hampir dapat dipastikan, kasus pencurian tidak pernah ada. Sebaliknya jika masyarakat melakukan pembiaran atau membuka cela bagi pelaku, maka tak heran jika tindak pidana tersebut terjadi "Yang jelas kita di Polsek Pemali tetap melakukan patroli malam, mulai jam sembilan, jam dua belas malam, sampai jam tiga pagi, dibagi dalam setiap piket anggota," tegasnya. (Bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved