Berita Pangkalpinang

Karhutla Marak Terjadi, Polres Pangkalpinang Gelar Patroli Setiap Hari

Sepekan terakhir terdapat 17 kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang berada di wilayah Polres Pangkalpinang

Karhutla Marak Terjadi, Polres Pangkalpinang Gelar Patroli Setiap Hari
bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sepekan terakhir terdapat 17 kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang berada di wilayah Polres Pangkalpinang, Kamis (15/08).

Terhitung sejak Kamis (08/08/2019) Kasus Karhutla terbanyak berada di dua wilayah hukum Polres Pangkalpinang, yaitu lima di Polsek Bukit Intan dan lima di Polsek Gerunggang.

Sementara wilayah hukum Polsek Taman Sari terdapat tiga kasus dan Polsek Pangkalan Baru memiliki empat kasus Karhutla.

Kasus Karhutla terbanyak yang terjadi dalam satu hari yaitu terjadi pada Senin (12/08). Pada hari itu terdapat enam karhutla yang terjadi.

Titik api terbanyak terjadi di wilayah hukum Polsek Bukit Intan, pada saat itu terdapat tiga titik api di Jalan Tanjung Bunga Kota Pangkalpinang. Sedangkan Polsek lainya masing-masing juga memiliki satu Karhutla di wilayahnya.

Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan.

"Saya himbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar lahan. Lalu saya minta jangan ada yang membuang puntung rokok sembarangan, karena itu sangat berbahaya karena api kecil bisa jadi penyebab api menjadi besar," ujar Kompol Jadiman Sihotang.

Lebih lanjut mengantisipasi terjadi Karhutla, Polres Pangkalpinang telah melakukan patroli pemantauan yang dilakukan setiap hari.

"Ada anggota yang setiap hari keliling untuk mengecek dan memantau agar tidak terjadi Karhutla. Kalaupun terjadi kebakaran, maka itu bisa ditangani dengan cepat. Saya juga menghimbau kepada masyarakat kalau daerahnya terjadi kebakaran, mohon langsung melaporkan kepada kami,"lanjutnya.

Sementara itu Polres Pangkalpinang juga akan menindak tegas bagi oknum yang terbukti dengan sengaja melakukan pembakaran lahan.

"Tentu kami akan bertindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku, jika ada oknum yang membakar lahan," tegas Kompol Jadiman Sihotang.

(bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved