Malam Ini Puncak Sembahyang Rebut, Ada Acara Hiburan Untuk Masyarakat

Malam ini Kamis (15/8/2019) masyarakat keturunan Tionghoa di Pulau Bangka akan melaksanakan puncak ritual sembahyang rebut.

Malam Ini Puncak Sembahyang Rebut, Ada Acara Hiburan Untuk Masyarakat
bangkapos.com/deddy marjaya
Patung Thai Se Ja di Klenteng Hap Miau di Desa Merawang Kabupaten Bangka yang akan dibakar nanti malam pada puncak sembahyang rebut Kamis (15/8/2019) 

Malam Ini Puncak Sembahyang Rebut, Ada Acara Hiburan Untuk Masyarakat

BANGKAPOS.COM BANGKA -- Malam ini Kamis (15/8/2019) masyarakat keturunan Tionghoa di Pulau Bangka akan melaksanakan puncak ritual sembahyang rebut.

Seperti biasa puncak sembahyang rebut akan dilakukan perebutan sesaji diakhir dengan pembakaran patung Tai Se Ja.

Sembahyang Rebut merupakan kegiatan ritual masyarakat Tionghoa yang dilaksanakan setiap tahun dan turun temurun yang dilaksanakan pada bulan ke 7 hari ke 15 penanggalan China. 

Di Klenteng Hap Miau di Desa Merawang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka yang telah menyiapkan berbagai peralatan ritual mulai dari patung Thai Se Ja hingga altar yang akan diletakkan berbagai barang yang akan direbut oleh masyarakat.

"Malam ini kita melakukan puncak acara sembahyang rebut ada juga hiburan untuk masyarakat," ujar Alim warga setempat. 

Sebenarnya menurut Kitab Shusi yang merupakan salah satu kitab Khonghucu kegiatan tersebut diberi nama King Hho Pingg atau dalam bahasa Indonesia disebut sembahyang arwah umum.

Sedangkan sembahyang rebut adalah tambahan acara saja sama dengan hiburan yang sering diadakan.

Patung Thai Se Ja yang asli di Tiongkok memiliki wajah yang lebih seram. Patung Tai Se Ja adalah simbol penjaga arwah-arwah yang akan datang.

Tai Se Ja menjaga para arwah tidak saling berebut dengan sesaji yang dihidangkan. Thai Se Ja mencatat arwah-arwah yang hadir dan apa yang diambil hingga menjaga mereka kembali ke alamnya tanpa mengganggu manusia .

(bangkapos.com/Deddy marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved