Video Persiapan Malam Puncak Sembahyang Rebut Masyarakat Tionghoa

Malam ini, Kamis (15/8/2019) masyarakat keturunan Tionghoa di Pulau Bangka akan melaksanakan puncak ritual sembahyang rebut.

BANGKAPOS.COM BANGKA -- Sembahyang Rebut menjadi tradisi ritual warga keturunan Tionghoa setiap tahunnya di Pulau Bangka. Hampir seluruh kelenteng melaksanakannya.

Malam ini, Kamis (15/8/2019) masyarakat keturunan Tionghoa di Pulau Bangka akan melaksanakan puncak ritual sembahyang rebut. Seperti biasa puncak sembahyang rebut akan dilakukan perebutan sesaji di akhir dengan pembakaran patung Tai Se Ja.

Sembahyang Rebut merupakan kegiatan ritual masyarakat Tionghoa yang dilaksanakan setiap tahun dan turun temurun. Sembahyang Rebut dilaksanakan pada bulan ke-7 hari ke-15 penanggalan China. 

Seperti Klenteng Hap Miau di Desa Merawang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, yang telah menyiapkan berbagai peralatan ritual mulai dari patung Thai Se Ja hingga altar yang akan diletakkan berbagai barang yang akan direbut oleh masyarakat.

Begitu juga di Klenteng Amal Abadi Desa Baturusa Kecamatan Merawang yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk puncak acara malam ini. Patung Thai Se Ja lengkap dengan aksesorisnya sudah didirikan begitu juga altar untuk menaruh sejaji. (bangkapos/deddy marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved