Berita Pangkalpinang

2014 Jadi Pembawa Baki Bendera di Istana Negara, Yonanda Zulfa Sekarang Jadi Polwan

Yonanda Zulfa (21), wanita asal Pangkalpinang pembawa baki bendera saat upacara penurunan bendera Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-69 tahun 2014

2014 Jadi Pembawa Baki Bendera di Istana Negara, Yonanda Zulfa Sekarang Jadi Polwan
doc.pribadi Yonanda
Yonanda Zulfa saat sekarang telah menjadi Polisi Wanita di Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Yonanda Zulfa (21), wanita asal Pangkalpinang ini adalah pembawa baki bendera saat upacara penurunan bendera Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-69 tahun 2014 lalu.

Saat itu ia berusia 16 tahun. Untuk gadis seusia 16 tahun, sebuah kebanggaan besar bisa menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) tingkat nasional. Bertugas di Istana Negara dan bertemu langsung dengan Presiden saat itu, Susilo Bambang Yudhoyono merupakan momen yang tak terlupakan dalam hidupnya. Momen yang disaksikan ratusan juta pasang mata di seluruh dunia menjadikan Yonanda sebagai pusat perhatian kala itu.

Dibalik itu semua itu ternyata awalnya orangtua tidak menyetujui Yonanda untuk ikut seleksi paskibraka. Orangtuanya beralasan takut Yonanda terlalu capai mengikuti latihan dan mengganggu sekolahnya. 

Yonanda bercerita kepada bangkapos.com saat ia terpilih menjadi paskibraka nasional, teman-teman yang meminta izin kepada orangtuanya sebelum ia pergi ke Jakarta.

"Supaya orang tua percaya bahwa saya akan baik-baik saja di sana," kata Yonanda yang lahir tanggal 26 Juli 1998 ini.

Dengan bujukan dari teman-teman Yonanda, akhirnya orang tua setuju dan memberikan dukungan kepada Yonanda. Selama mengikuti karantina, Yonanda tidak bisa menghubungi keluarganya di Pangkalpinang. Hal itu membuatnya rindu dengan orang tua. .

Ada cerita unik saat ia dinyatakan lolos menjadi paskibraka nasional. Ternyata saat itu pengalaman pertama ia mengunjungi ibukota, Jakarta. 

"Karena saat itu mungkin tidak ada urusan apa-apa, jadinya baru itu lah ke Jakarta," ujar Yonanda sambil tertawa.

Pengalamannya sebagai Paskibraka nasional dan pembawa baki bendera membuat Yonanda sangat bersyukur. Bagaimana tidak, dari sana ia banyak mendapatkan ilmu baru, teman baru, relasi baru, bahkan orang yang semula tidak peduli jadi sangat memperdulikannya. 

"Sampai sekarang masih ada yang negur, 'Oh Yonanda yang bawa baki bendera, ya?', 'Yonanda yang pernah jadi paskibraka nasional ya?'. Alhamdulillaah masih dikenang oleh masyarakat," ucap Yonanda yang memiliki hobi bermain voli ini.

Yonanda Zulfa, anggota Paskibraka nasional tahun 2014 saat melakukan upacara penurunan bendera HUT ke-69 Republik Indonesia pada Sabtu, (17/8/2014).
Yonanda Zulfa, anggota Paskibraka nasional tahun 2014 saat melakukan upacara penurunan bendera HUT ke-69 Republik Indonesia pada Sabtu, (17/8/2014). (bangkapos.com/tribunnews)
Halaman
12
Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved