Berita Pangkalpinang

Didit Sebut Ini Syarat Bagi Parpol untuk Mengusulkan Calon Pimpinan Dewan

Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) Didit Srigusjaya menjelaskan terkait kriteria dan syarat bagi parpol yang bisa mengusulkan calon pimpinan

Didit Sebut Ini Syarat Bagi Parpol untuk Mengusulkan Calon Pimpinan Dewan
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya 

BANGKAPOS.COM-- Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung (Babel) Didit Srigusjaya menjelaskan terkait kriteria dan syarat bagi parpol yang bisa mengusulkan calon pimpinan dewan di MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD39 adalahsuara terbanyak satu menduduki jabatan ketua DPRD, suara terbanyak dua menjadi wakil, ketiga menjadi wakil, dan keempat juga menjadi wakil.

"Maka pimpinan DPRD Babel ada empat," jelas Didit, Jumat (16/8/2-19) diruang kerjanya.

Untuk mekanisme penetapan pimpinan menurut Didit, setelah masing-masing partai dengan empat suara terbanyak mengusulkan kepada fraksi, dan kemudian fraksi akan melanjutkan ke pimpinan DPRD sementara untuk ditetapkan menjadi pimpinan DPRD.

"Lalu kita mengusulkan kepada mendagri untuk diberikan surat keputusan," kata Didit.

Untuk komposisi pimpinan dewan periode 2019-2024 Didit menjelaskan jika parpol yang menjadi pimpinan tetap sama, yaitu PDIP, Golkar, Gerindra, dan PPP. Namun siapa-siapa yang akan menjadi pimpinan tersebutlah yang menurut Didit akan mengalami perubahan. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved