BI Perwakilan Babel Luncurkan QRIS Untuk Barcode Pembayaran Online

Bank Indonesia (BI) meluncurkan Quick Response code Indonesia Standard (QRIS) pada Sabtu (17/8/2019) lalu di Kantor BI pusat dan serentak

BI Perwakilan Babel Luncurkan QRIS Untuk Barcode Pembayaran Online
bangkapos.com/dedy q
Konferensi pers peluncuran QRIS di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung, Senin (19/8/2019). 

BI Perwakilan Babel Luncurkan QRIS Untuk Barcode Pembayaran Online

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bank Indonesia (BI) meluncurkan Quick Response code Indonesia Standard (QRIS) pada Sabtu (17/8/2019) lalu di Kantor BI pusat dan serentak di seluruh kantor perwakilan BI Indonesia.

Di Babel, peluncuran ini diumumkan oleh BI Perwakilan Babel saat menggelar konferensi pers mengundang puluhan jurnalis di Babel, Senin (19/8/2019).

QRIS merupakan standar QR code untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

QRIS dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) sebagai standar QR code pembayaran untuk sistem pembayaran di Indonesia dan akan diberlakukan secara nasional pada Januari 2020 mendatang.

Analis Eksekutif BI Dian Nugraha mengatakan, semua aplikasi pembayaran seperti Gopay, OVO, Link dan sejenisnya yang lain, akan menggunakan barcode yang berasal dari server QRIS.

Artinya semua aplikasi pembayaean tersebut akan menggunakan barcode QRIS saat melayani transaksi para penggunanya, atau tidak lagi menggunakan barcode masing-masing seperti selama ini.

Sampai diberlakukan menyeluruh pada Januari 2019 mendatang, sosialisasi dan edukasi masif ke seluruh lapisan masyarakat akan dilakukan bekerja sama dengan PJSP dan ASPI.

"Ke depan ini diharapkan menjadi QR satu-satunya yang digunakan. Pengguna bisa gunakan OVO, Gopay, Link, tetapi barcode-nya sama ," kata Dian di Kantor Perwakilan BI Babel.

QRIS diluncurkan karena BI mendukung pembayaran menggunakan QR Code sebagai inovasi tekonolgi yang berkembang cukup pesat pada aspek ekonomi digital, termasuk sistem pembayaran.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved