Berita Bangka Barat

Satpol PP dan Damkar Sebut Jumlah Kasus Kebakaran di Bangka Barat Meningkat

Kabid Damkar, Zulkarnain kepada bangkapos.com, Senin (19/8/2019) mengatakan kejadian kebakaran musim kemarau ini meningkat.

Satpol PP dan Damkar Sebut Jumlah Kasus Kebakaran di Bangka Barat Meningkat
istimewa
Kebakaran yang terjadi disekitar gedung DPRD Bangka Barat, Minggu (18/8/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Musim kemarau, setiap hari Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bangka Barat harus memadamkan api di lahan yang terbakar.

Setidaknya sehari ada yang 4 kejadian kebakaran yang harus ditangani oleh Damkar Bangka Barat.

Kabid Damkar, Zulkarnain kepada bangkapos.com, Senin (19/8/2019) mengatakan kejadian kebakaran musim kemarau ini meningkat.

"Rata-rata kejadiannya 4 kasus. Pernah dalam sehari kita harus menangani sampai 5 kasus kejadian kebakaran," kata Zulkarnain.

Data kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Muntok dan sekitarnya saja pada Juli 2019 terjadi 26 kasus. Sedangkan untuk bulan Agustus saja hingga saat ini sudah ada 26 kasus.

Untuk daerah lainnya hampir tak tertangani oleh Damkar Bangka Barat. Seperti kecamatan Jebus, Parittiga, Kelapa dan Tempilang.

"Kecamatan lainnya hampir tak bisa kita tangani. Kita hanya menerima laporan saja," kata Zulkarnain.

Kebakaran di daerah yang tak bisa ditangani ini lanjut Zulkarnain dibantu oleh perusahaan sawit terdekat. Sedangkan dari pemda tidak bisa membantu dikarenakan jaraknya terlalu jauh.

"Kurangnya armada dan peralatan yang memadai menjadi kendala buat kita. Tapi untuk yang tidak bisa kita coverage (cakup) itu dibantu dari pihak perusahaan swasta yang pengelola lahan," ujar Zulkarnain.

Secara keseluruhan armada pemadam kebakaran yang ada, 1 unit di Pemda Bangka Barat, 2 unit milik PT timah dan 3 milik perusahaan swasta pengelola lahan.

(bangkapos.com / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved