Berita Belitung

Vivi Widyana Jual Lada Belitung ke Rusia, Ludes Seketika dalam 4 Jam

Berawal dari kegelisahan akibat harga lada yang menurun membuat Vivi bertekad menaikkan nilai jual lada

Vivi Widyana Jual Lada Belitung ke Rusia, Ludes Seketika dalam 4 Jam
IST/Dok Vivi Widyana)
Pemilik produk lada Billiton Spice Vivi Widyana (baju merah) saat berfoto bersama Duta Besar Indonesia untuk Rusia M. Wahid Supriyadi dan pemilik usaha lainnya di tenda Kemenkop dan UMKM di Moskow, Rusia, beberapa waktu lalu. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG  - Dari saya masih SD, ayah saya pernah mempunyai tujuh lahan lada tetapi ketika panen malah harga lada anjlok.

Kemudian adik memberikan ide, kami pun tahu pasti lada Belitung memiliki kualitas terbaik maka setelahnya kami mempelajari contoh brand luar.

Begitulah sekilas yang disampaikan Vivi Widyana, pemilik produk lada atau yang dalam bahasa lokal disebut sahang Senin (19/8/2019).

Berawal dari kegelisahan akibat harga lada yang menurun membuat Vivi bertekad menaikkan nilai jual lada.

Mengangkat keunggulan lada dari petani lokal, jaminan kualitas mutu, hingga menambahkan grinder atau gerusan, produk lada miliknya akan lebih mudah digunakan serta rasa autentik yang terjaga.

Bisnis lada milik wanita yang tinggal di Jalan Endek, Tanjungpandan ini juga terus berkembang.

Bahkan baru-baru ini, produknya menjadi satu di antara lima produk yang difasilitasi Kementerian Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah buat diboyong ke Moskow, Rusia.

Produk Billiton Spice.
Produk Billiton Spice. (IST/Dok Vivi Widyana)

Di negeri beruang merah itu, Vivi mengikuti kegiatan business forum Indonesia-Rusia serta festival Indonesia-Rusia.

Ia bahkan tak menyangka, rempah lada hitam dan lada putih ala Billiton Spice miliknya laris manis digemari para pembeli di Rusia.

Dalam waktu empat jam, produk yang dibawanya ludes.

"Orang Rusia senang banget lada Belitung, tapi ibu Deputi pemasaran dan promosi Victoria Simanungkalit sempat mengingatkan untuk menyisakan sampel (produk lada,red), karena buyer besar mau lihat. Jadi kami sisakan satu set tapi setelah hari terakhir pada rebutan sampai sampel tester juga habis dibeli," ujarnya.

Selain mendapatkan pengalaman berharga, ia juga membuka peluang ekspor.

Menjajaki pasar retail dan potential buyer Rusia, kini Vivi juga tengah proses buat mengirim sampel produk agar lada Belitung bisa masuk ke supermarket di sana.

"Perlu banyak belajar terus lah aku, mohon doanya. Semoga makin terkenal Billiton Spice, lada Belitung kampong kite," lanjutnya.

(posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved