Data BPS, Angka Kemiskinan di Bangka Barat Hanya 3,05 Persen

Presentase penduduk miskin di Bangka Barat (Babar) saat ini berada di bawah 5 persen

Data BPS, Angka Kemiskinan di Bangka Barat Hanya 3,05 Persen
Ist
Badan Pusat Statistik 

BANGKAPOS.COM-- Presentase penduduk miskin di Bangka Barat (Babar) saat ini berada di bawah lima persen. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) setempat, masyarakat miskin di Babar hanya di kisaran 3,05 persen atau setara 6.350 jiwa.

"Berdasarkan data BPS yang dikeluarkan pada 2019 ini, dengan standar pendapatan perorang/bulan Rp. 520.642, maka angka kemiskinan Babar hanya sekitar 3,05 % dari seluruh jumlah penduduk atau setara 6.350 jiwa," kata Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbanda), Soleh, Senin (19/8/2019) malam.

Pernyataan yang disampaikan Soleh tersebut untuk mengonfirmasi statemen Kepala Dinsos PMD Bangka Barat, Suradi, yang menyebut masih terdapat 40.333 jiwa masyarakat Babar masuk kategori miskin dan tak mampu.

"Data BPS ini indikatornya berdasarkan mata pencaharian, sementara data Kemensos banyak indikatornya. Ini juga yang menyebabkan kerap data BPS dan Kemensos berbeda," imbuh Soleh.

Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappelitbangda Babar, Safrizal, menjelaskan perbedaan data dari BPS dan Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Sosial (Pusdatin) Kemensos dikarenakan keduanya memiliki peruntukan, tujuan, dan metode berbeda.

"Kalau data BPS digunakan untuk analisis kebijakan pembangunan maka datanya pun berbentuk makro. Sementara Pusdatin Kemensos untuk intervensi program sehingga datanya mikro," papar Ijal, sapaan karibnya. (Bidang Humas Pemkab Bangka Barat)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved