Berita Pangkalpinang

PDIP Kirimkan Tiga Nama Calon Pimpinan DPRD Kota Pangkalpinang

Partai PDI Perjuangan menjadi satu di antara tiga partai yang berhasil mengirimkan calon pimpinan DPRD Kota Pangkalpinang

PDIP Kirimkan Tiga Nama Calon Pimpinan DPRD Kota Pangkalpinang
Bangka Pos / Zulkodri
Wakil Ketua DPRD Kota Pangkalpinang, Abang Hertza.

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Partai PDI Perjuangan menjadi satu di antara tiga partai yang berhasil mengirimkan calon pimpinan DPRD Kota Pangkalpinang.

Sebelumnya Komisioner Divisi Perencananaan dan Data Informasi KPU Kota Pangkalpinang Yusmayadi mengungkapkan, terdapat tiga partai yaitu partai PDI Perjuangan, Gerindra dan Demokrat yang dapat mengajukan calon pimpinan di DPRD Kota Pangkalpinang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Abang Hertza mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan secara otomatis ketua DPRD dipercayakan kepada PDI Perjuangan.

"Untuk PDI Perjuangan ada mekanisme yang memang sudah menjadi suatu aturan baku di PDIP. Ada surat keputusan terkait dengan DPRD untuk mendudukkan kader sebagai pimpinan, apakah itu wakil ketua atau ketua. Alhamdulillah periode ini PDI Perjuangan dipercaya sebagai ketua DPRD Kota Pangkalpinang," ujar Abang Hertza saat ditemui di kantor DPRD Kota Pangkalpinang, Selasa (20/08).

Mendapatkan kursi ketua, partai PDI Perjuangan mengajukan tiga nama yaitu Abang Hertza selaku ketua DPC, Endang selaku bendahara DPC periode sebelumnya, dan Ahmad Amir.

"Mekanisme tersebut mengacu kepada surat dari DPP, bahwa dijelaskan lebih kepada senioritas atau pengalaman dan kemampuan SDM. Kita tidak menutup kemungkinan ada beberapa kader kita yang kita usulkan termasuk saya sendiri dan dua kolega saya," tuturnya.

Lebih lanjut DPP PDI Perjuangan dalam waktu dekat akan melakukan mekanisme internal, untuk memutuskan perwakilan partai yang ditempatkan di lembaga DPRD Kota Pangkalpinang.

"Intinya partai kami selalu berpesan bahwa posisi kita memberikan kesejahteraan dan bisa mengimbangi kepala daerah. Selain itu juga apa saja yang menjadi hak dan kewajiban DPRD Kota Pangkalpinang bisa dijalankan dengan selaras," lanjutnya.

Sementara itu pelantikan dijadwalkan pada 28 Agustus 2019, hal ini membuat DPRD Kota Pangkalpinang menjadi yang pertama melakukan pelantikan di Bangka Belitung.

Setelah pelantikan akan diumumkan pimpinan sementara, yang mengacu kepada aturan dua partai pemenang.

"Dua minggu setelah pelantikan insyaallah akan ada pelantikan pimpinan definitif. Namun hal ini masih menunggu dari masing-masing partai politik, khususnya dari PDI Perjuangan, Demokrat dan Gerindra untuk menyampaikan kader-kader mereka untuk ditempatkan di pimpinan definitif," tambahnya.

(Bangka Pos/Rizky Irianda Pahlevy).

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved