Soal Kapal Tangkapan Bakamla RI, Begini Pernyataan Syahbandar Belinyu

Pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I B Pangkalbalam, Wilayah Kerja Belinyu menyatakan, kapal tangkapan Badan

Soal Kapal Tangkapan Bakamla RI, Begini Pernyataan Syahbandar Belinyu
bangkapos.com/ferylaskari
Tampak dari kejauhan, satu di antara beberapa kapal jenis Kapal Self Propeller Oil Barge (SPOB), hasil tangkapan Bakamla RI, parkir di Perairan Teluk Kelabat, dekat Pelabuhan Belinyu Bangka, Selasa (20/8/2019).(ferylaskari) 

Soal Kapal Tangkapan Bakamla RI, Begini Pernyataan Syahbandar Belinyu

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I B Pangkalbalam, Wilayah Kerja Belinyu menyatakan, kapal tangkapan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI beberapa hari lalu, memiliki register resmi.

Artinya lima kapal itu terdaftar beroperasi di Perairan Pelabuhan Belinyu.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala Wilayah KSOP atau Syahbandar Belinyu, Sumantri ketika ditemui Bangka Pos, Selasa (20/8/2019).

"Kapal-kapal ini (tangkapan Bakamla RI) memang kerja di Wilayah Perairan Pelabuhan Belinyu dan sudah teregistrasi di Kantor Syahbandar (KSOP)," kata Syahbandar Belinyu, Sumantri.

Namun demikian, walau teregistrasi atau terdaftar resmi, namun segala kemungkinan, termasuk dugaan pelanggaran bisa saja terjadi.

Hanya saja, Syahbandar Belinyu, Sumantri mengaku tidak tahu apa jenis dugaan pelanggaran lima kapal ini karena bukan pihaknya yang melakukan penangkapan, melainkan Bakamla RI.

"Untuk sementara ini belum kami dapat konfirmasi (Dari Barkamla atau Lanal Babel), kami hanya dapat informasi (soal penangkapan) dari media," katanya.

Namun yang jelas pihak perusahaan atau agen kapal yang dimaksud telah memberikan laporan pada KSOP Belinyu, soal keberadaan kapal yang saat ini lempar jangkar di perairan tersebut, tak jauh dari Pelabuhan Belinyu, pasca penangkapan.

"Para pengurus kapal atau agen kapal ini sudah memberitahukan kepada kami bahwa kapal mereka sedang tahap pemeriksaan Bakamla," kata Syahbandar Belinyu, Sumantri.

Halaman
123
Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved