Berita Pangkalpinang

Tiga Minggu Terakhir Harga Lada Stabil Kisaran Rp 48.500 hingga Rp 49.000 per Kg

Sekitar tiga minggu terakhir harga lada putih yang dijual petani kepada pedagang pengepul lada di Kota Pangkalpinang masih stabil

Tiga Minggu Terakhir Harga Lada Stabil Kisaran Rp 48.500 hingga Rp 49.000 per Kg
Bangkapos/Edwardi
Asen, pedagang pengepul lada di Jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang sedang menimbang lada yang dijual petani. 

BANGKAPOS.COM -- Sekitar tiga minggu terakhir harga lada putih yang dijual petani kepada pedagang pengepul lada di Kota Pangkalpinang masih stabil di kisaran Rp 48.500 - Rp 49.000 per kilogram (kg).

"Harga lada masih biasalah pak, harga masih stabil di kisaran Rp 48.500 sampai Rp 49.000 per kilogram," kata Asen, pedagang pengepul lada di Jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang, Selasa (20/08/2019).

Diakuinya meskipun saat ini musim panen lada, namun lada yang berhasil dikumpulkan dari petani juga tidak terlalu banyak.

"Sehari paling dapat antara 100 sampai 200 lebih kilo lada, mana bisa sehari dapat setengah ton, apalagi satu ton, agak sulitlah situasi saat ini," imbuh Asen yang sudah menjadi pengepul lada lebih dari 40 tahun.

Menanggapi wacana rencana Pemprov dan DPRD Babel yang akan memberikan tambahan subsidi Rp 5.000/kg lada yang dijual petani, menurut Asen kebijakan itu bagus karena akan menolong petani untuk mendapatkan harga lada yang lebih baik.

"Bagus lah kebijakan itu tapi itu hanya diberlakukan bagi petani yang mengumpulkan lada di gudang pemerintah atau sistem resi gudang, tetapi untuk di pedagang pengepul tidak diberlakukan," tukasnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Tags
Harga Lada
Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved