Berita Pangkalpinang

Datang Jauh-Jauh Pakai Kapal dan Satu Bus, Siswa-Siswi SMAN 1 Leparpongok Semangat Ikut Lomba Baris

Semangat SMAN 1 Leparpongok patut diacungi jempol. Mereka datang dari jauh ke GOR Sahabuddin untuk tampil pada lomba baris-berbaris

Datang Jauh-Jauh Pakai Kapal dan Satu Bus, Siswa-Siswi SMAN 1 Leparpongok Semangat Ikut Lomba Baris
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Regu lomba baris-berbaris dari SMAN 1 Leparpongok, Bangka Selatan di GOR Sahabuddin, Rabu (21/8/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Semangat SMAN 1 Leparpongok patut diacungi jempol. Mereka datang dari jauh ke GOR Sahabuddin untuk tampil pada lomba baris-berbaris tingkat SMA Sederajat yang digelar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di GOR Sahabuddin, Pangkalanbaru, Bangka Tengah.

SMAN 1 Leparpongok mengirimkan dua regu, putra dan putri, pada lomba tingkat provinsi yang baru kali pertama diikuti oleh sekolah tersebut. Dua bulan persiapan dan latihan sudah dilakukan sejak pertama kali mereka mendapatkan pemberitahuan akan adanya lomba ini.

Hari ini mereka akan berlomba dengan regu dari sekolah-sekolah lain di Bangka Belitung.
"Tidak gugup. Kami siap tampil, dan optimistis juara," kata Siswa SMAN 1 Leparpongok, Deva Rosalina di tribun penonton GOR Sahabuddin, Rabu (21/8/2019).

Deva bersama rekan-rekan lainnya tengah mengunggu giliran waktu tampil.

Pembina Regu Lomba Baris-berbaris SMAN 1 Leparpongok Agustama mengatakan, anggota regunya terdiri dari siswa yang berasal dari empat desa di Pulau Leparpongok, Bangka Selatan. Keikutsertaan mereka pada lomba kali ini perlu perjuangan dan pengorbanan.

Pagi hari, mereka berangkat menggunakan satu kapal menyebrang selama setengah jam ke daratan Bangka Selatan. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menggunakan satu bus, berdesak-desakan, ke GOR Sahabuddin.

"Dana persiapan yang kami kumpulkan hanya memungkinkan untuk satu bus. Jadi dengan satu bus itu lah, (duduk) rapat-rapat, kami semua berangkat, sebisa mungkin untuk hadir," ungkap Agustama.

Pengorbanan dan perjuangan itu bukanlah alasan. Kata Agustama, ini dilakukan karena Siswa SMAN 1 Leparpongok sendiri yang meminta bahwa mereka harus berpartisipasi pada lomba kali ini.

Menurutnya, sekolah-sekolah lain di Babel juga perlu mengenal bagaimana penampilan SMA N 1 Leparpongok, sebuah sekolah yang berada di pulau kecil di Bangka Selatan pada lomba kali ini.

"Informasi adanya lomba ini pertama kali dari kesbangpol dua bulan lalu, kami sampaikan kepada siswa, sejak saat itu anak-anak menyatakan siap tampil. Mereka semangat untuk tampil. Sejak dua bulan lalu kami latihan, setiap ada waktu kami latihan," kata pembina yang juga guru Fisika di SMAN 1 Leparpongok ini.

Agus berharap ke depan tahun ke depan lomba dapat semakin baik dan semarak. Ia juga menyarankan agar juri  bisa berasal dari banyak kalangan yang heterogen.
"Kalau hari ini dari angkatan darat saja, mungkin ke depan bisa dilibatkan juga juri dari kepolisian, angkatan laut, dan angkatan udara," saran Agus.

*Dilaksanakan Dua Hari

Data yang dihimpun Bangkapos.com, sebanyak 58 regu (29 putra dan 29 putri) dari sejumlah SMA Sederahat di Babel berpartisipasi pada lomba baris-berbaris tingkat SMA kali ini. Karena pesertanya banyak, lomba yang awalnya hanya digelar satu hari, diperpanjang menjadi dua hari atau hingga Kamis (22/8/2019).

Masing-masing regu diberikan kesempatan tampil dengan durasi 20 menit. "Kriteria penilaiannya mulai dari semangat, kesesusaian gerakan dengan aba-aba, sikap-sikap dasar kehormatan, jalan di tempat, sikap sempurna hingga istirahat sesuai kriteria yang sudah ditentukan dan disampaikan. Untuk tingkat SMA sederajat ini, akan berlangsung selama dua hari," tutur Dewan Juri dari Korem Garuda Jaya, Sujarno. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved