Desa Tanjung Ular Muntok Bakal Dicanangkan Jadi Desa Sadar Kerukunan di Bangka Barat

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Kementrian Agama Bangka Barat berkolaborasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB)

Desa Tanjung Ular Muntok Bakal Dicanangkan Jadi Desa Sadar Kerukunan di Bangka Barat
Ist/Humas Pemkab Bangka Barat
Bupati Bangka Barat Markus SH didampingi Kepala Kemenag Babar Syarifudin, Kepala PN Muntok, perwakilan Kajari Babar dan perwakilan Kapolres Babar berfoto bersama pengurus FKUB Babar Periode 2019-2024 sesaat usai pengukuhan, Rabu (21/8). 

BANGKAPOS.COM-- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Kementrian Agama Bangka Barat berkolaborasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat mewacanakan penetapan desa Tanjung Ular di Kecamatan Muntok sebagai desa sadar kerukunan umat beragama.

Bupati Bangka Barat, Markus SH, mengapresiasi rencana baik tersebut sembari berharap agar ke depan keberadaan desa sadar kerukunan di Bangka Barat menjadi model harmoni umat beragama bagi daerah lain.

Kepala Kantor Kementrian Agama Bangka Barat, Syarifudin, menjelaskan desa Tanjung Ular dipilih karena memang sudah memenuhi persyaratan secara geografis profil desa maupun secara administratif.

"Kalau profil desa misalnya, penduduknya berasal dari enam agama berbeda, sementara rumah ibadahnya juga sudah ada 4 yang berdiri di situ. Kriteria desa kerukunan salah satunya minimal memiliki tempat ibadah dari 4 agama berbeda," kata Syarifudin usai menghadiri pengukuhan FKUB dan Dewan Wakaf Bangka Barat bertempat di OR 1 Kantor Bupati, Rabu (21/8).

Menurut Syarifudin, pencanangan desa kerukunan ini memang program Kemenag Pusat yang diharapkan diwujudkan di daerah.

"Ketika daerah sudah memiliki desa kerukunan, artinya daerah itu menjadi role model dan dengan begitu juga Bangka Barat memiliki desa yang tanpa intervensi pemerintah, sudah layak menjadi desa kerukunan yaitu desa Tanjung Ular," imbuhnya.

Sukandi, Camat Muntok mengaku mendukung sepenuhnya rencana pencanangan desa Tanjung Ular sebagai desa sadar kerukunan.

"Kita dari Kecamatan Muntok siap memfasilitasi karena memang kita semua sudah sepakat," kata Sukandi.

(Humas Pemkab Bangka Barat)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved