Advertorial

DKPPP Basel Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Berbasis Pangan Lokal

DINAS Ketahanan Pang­an, Pertanian, Peternakan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman

DKPPP Basel Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Berbasis Pangan Lokal
ist/DPPP Basel Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Berbasis Pangan Lokal
DINAS Ketahanan Pang­an, Pertanian, Peternakan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman ( B2SA) 

BANGKAPOS.COM-- Dinas Ketahanan Pang­an, Pertanian, Peternakan (DPPP) Kabupaten Bangka Selatan menyelenggarakan Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman ( B2SA).

Lomba bertema ‘Pemanfaatan Pekarangan Berbasis Sumberdaya Pang­an Lokal yang Bernilai Komersial’ berlangsung di Kantor PKK Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (20/8/2019).

Kepala Dinas DPPP Basel, drh Suhadi meng­atakan lomba dimaksudkan supaya setiap individu khususnya ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga dapat menyajikan menu B2SA.

“LCM juga dimaksudkan agar ibu rumah tangga dapat menyajikan pilihan menu masakan yang dapat diaplikasikan beraneka ragam dan bernilai ekonomis,” ujar Suhadi.

Lebih lanjut dikatakan Suhadi, kreativitas dan inovasi menu makanan berbahan baku lokal yang ada di sekitar yang selama ini tidak dimanfaatkan, namun memiliki nilai gizi tinggi perlu diterapkan.

“Dari bahan baku yang berlimpah ini akan lebih baik jika dimanfaatkan dan dikreasikan menjadi menu makanan yang bergizi tentu menjadi nilai lebih dan syukur bisa menjadi nilai komersial atau bisa diperjualbelikan,” harapnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Ekawati Justiar, mengatakan diversifikasi pangan merupakan upaya menuju ketahanan pangan wajib menjadi pola hidup masyarakat.

“Oleh karena itu dengan lomba B2SA diharapkan menjadi upaya pemerintah memberikan pendidikan bagi masyarakat terkait sumber pangan pengganti beras untuk bertahan hidup, dengan tetap memperhatikan nilai asupan gizi,” tegas Ekawati.

Lanjutnya, kegiatan pemanfaatan bahan baku lokal yang ada di sekitar menjadi menu makananan yang bergizi dan bernilai ekonomis haruslah diselenggarakan secara rutin.

“Jika bahan baku lokal tersebut bisa dikreasikan menjadi menu makanan dan para ibu-ibu mau mengecek tingkat gizi, protein atau yang lainnya, Pemkab Basel melalui dinas terkait bersedia memeriksanya lewat uji laboraturium,” pungkasnya.

Acara dihadiri Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Budi Setyo, camat se-Kabupaten Bangka Selatan serta tim dewan juri dan anggota PKK. (adv/ara/may)

Juara Gelar Pangan Daerah Bangka Selatan:
Juara 1 Peserta Meja 07
Juara 2 Peserta Meja 04
Juara 3 Peserta Meja 08
Harapan 1 Peserta Meja 02
Harapan 2 Peserta Meja 03
Harapan 3 Peserta Meja 05
Harapan 4 Peserta Meja 01
Harapan 5 Peserta Meja 06

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved