Info Kesehatan

Ini Enam Tips Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat dari dr Denny Moniaga

Ginjal sangat penting bagi tubuh. Organ ekskresi yang mengeluarkan urin ini berfungsi menghilangkan kelebihan air dari tubuh atau sisa metabolisme

Ini Enam Tips Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat dari dr Denny Moniaga
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter Dokter Denny Moniaga, SpPD Spesialis Penyakit Dalam, yang bekerja di Rumah Sakit Siloam, Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM-- Ginjal sangat penting bagi tubuh. Organ ekskresi yang mengeluarkan urin ini berfungsi menghilangkan kelebihan air dari tubuh atau sisa metabolisme yang tidak diperlukan tubuh.

Apabila fungsi ginjal terganggu, akan menganggu kelangsungan hidup. Cairan akan menumpuk ditubuh sehingga menyebabkan pembengkakan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.

Ikuti langkah berikut menjaga ginjal agar tetap sehat oleh Dokter Denny Moniaga SpPD Spesialis Penyakit Dalam, yang bekerja di Rumah Sakit Siloam, Pangkalpinang. Rabu,(21/8/2019).

1. Banyak mengkonsumsi air putih
Tubuh kita memerlukan air putih yang banyak. Konsumsi air putih yang normal sebanyak 2 liter, apabila banyak tidak masalah sebab ginjal akan membuang cairan yang tidak diperlukan. Jika mengkonsumsi terlalu sedikit Anda dapat mengalami dehidrasi, dan fungsi ginjal menjadi kurang baik.

2. Jangan menahan buang air kecil
Apabila Anda ingin buang air kecil segera lakukan lah, sebab apabila Anda menahan buang air kencing terlalu lama akan mengakibatkan gangguan pada ginjal karena jarang kencing akan menimbulkan infeksi saluran kencing, dan bahkan nanti akan membentuk batu ginjal.

3. Jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman soda
Minuman soda dapat mengakibatkan kerusakan organ ginjal dan bahkan penyakit ginjal yang sangat kronik. Urin orang yang sering mengkonsumsi minuman soda biasanya mengandung protein yang tinggi sehingga hal ini menandakan adanya kerusakan ginjal.

4. Kontrol kadar gula
Anda perlu mengontrol kadar gula Anda, sebab kadar gula tinggi dapat mengakibatkan gangguan ginjal. Hal ini dikarenakan gula berlebih di pembuluh darah dapat menganggu fungsi ginjal. Serta jauhi makanan yang dapat menyebabkan kadar gula menjadi tinggi.

5. Kontrol tekanan darah
Tekanan darah terlalu tinggi atau hipertensi dapat menganggu proses penyaringan organ ginjal di tubuh. Jauhi makanan yang memicu darah tinggi seperti lemak, garam, dan makanan kemasan.

6. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi Vitamin C
Vitamin C memang baik untuk tubuh karena mengandung banyak antioksidan, akan tetapi mengkonsumsi dengan dosis yang terlalu banyak dapat merusak organ ginjal. Tubuh hanya memerlukan 60 mg/hari, jika lebih dari itu akan dibuang keluar tubuh.

Nah itulah langkah menjaga ginjal agar tetap sehat. Silahkan diikuti. Sebab lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga bermanfaat. (Bangkapos.com/Cr2)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved