Kenali Tiga Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah, Ternyata Bisa Dilihat dengan

Rasulullah SAW juga pernah memberikan kisi-kisi tanda atau ciri-ciri bagi setiap orang yang mendapatkan predikat mabrur hajinya.

Kenali Tiga Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah, Ternyata Bisa Dilihat dengan
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Masjidil Haram pada Selasa (16/7/2019) mulai dipadati jemaah haji dari berbagai negara. Pelaksanaan puncak haji 9 Dzulhijjah Wukuf di Arafah tahun ini jatuh pada 10 Agustus 2019. 

BANGKAPOS.COM -- Musim haji 2019 telah berakhir. Para jemaah haji dari Indonesia mulai dipulangkan dari tanah suci.

Fase pemulangan jemaah haji Indonesia dimulai. Kloter satu Embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS 01) dilepas oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pukul 23.30 waktu Arab Saudi (WAS).

Sebanyak 410 jemaah asal Kabupaten Bogor ini dijadwalkan terbang ke Tanah Air dengan Saudi Airlines pukul 08.15 WAS.

"Selaku amirul hajj, atas nama seluruh petugas haji, kami memohon maaf kepada seluruh jemaah haji Indonesia. Kami masih jauh sempurna. Banyak kelemahan dan kekurangan kami dalam mengurus hampir 214ribu jemaah di negeri orang yang tradisi, budaya, dan cuacanya berbeda," tutur Menag di Misfalah-Makkah, Jumat (16/08).

"Kami sadari keterbatasan kami. Kalau ada yang merasa tidak puas, kami mohon maaf," sambungnya. 

Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA. 1201 mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanudsin Makassar, Minggu (18/08), pukul 17.20 WITA. Pesawat ini membawa 450 jemaah haji dan lima petugas Kloter 1 Debarkasi Makassar (UPG 01). 

Jumlah ini sama dengan saat keberangkatan mereka ke Tanah Suci pada 17 Juli 2019. Setibanya di Makassar, sebagian jemaah haji tampak sujud Syukur di landasan parkir pesawat.

Mereka kemudian diantar dengan Damri menuju Asrama Haji Sudiang untuk diterima oleh PPIH Debarkasi Haji Makassar. Keluarga jemaah haji juga telah menunggu sejak siang hingga memadati Asrama haji Sudiang.

Apakah para jamaah yang berhaji tahun ini semuanya mabrur? bagaimana ciri-cirinya.

Melansir artikel NU Online berjudul 'Tiga Ciri Haji Mabrur Menurut Rasulullah' yang ditulis oleh M Alvin Nur Choironi, Haji mabrur menurut bahasa adalah haji yang baik atau yang diterima oleh Allah SWT.

Halaman
123
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved