Ratmida Menangis di Hadapan Para Veteran, Teringat Prosesi Pemakaman Para Pejuang

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Ratmida Dawan akhirnya tak kuasa menahan derai air mata di hadapan para tokoh veteran pejuang kemerdekaan

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Ratmida Dawan akhirnya tak kuasa menahan derai air mata di hadapan para tokoh veteran pejuang kemerdekaan asal pulau Bangka.

Lantaran rasa pilu itu pun seolah-olah seketika langsung menyelimuti perasaan hatinya tak kala ia terkenang akan sosok almarhum kedua orang tuanya yang tak lain merupakan sosok pahlawan yang pernah ikut berjuang dalam melawan para penjajah di negara Indonesia.

Terlebih semasa ayah kandungnya masih hidup, Ratmida mengaku jika ayahnya sangat bangga menggunakan pakaian veteran meski saat itu berusia lanjut.

Bahkan menurutnya, almarhum ayah kandung pun saat ini telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pawitralaya, Pangkalpinang. Namun almarhum ibu kandungnya justru tak dimakamkan di TMP setempat lantaran pada saat itu adanya peraturan pemerintah yang mengklasifikasikan para pahlawan yang memang berhak dimakamkan di TMP.

"Kedua orang tua saya adalah pejuang. Almarhum ayah saya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Pawitralaya tapi almarhum Ibu tidak di Taman Makam Pahlawan karena dulu ada klasifikasinya," terangnya.

Bahkan Ratmida dalam sambutanya di sela-sela acara syukuran HUT Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) nasional, Rabu (21/8/2019) bertempat di rumah dinas Walikota Pangkalpinang, mengaku jika ia sendiri sampai saat ini masih ingat kenangan dulu saat ia sempat berdinas di intansi Dinas Sosial yang tugasnya memberikan perhatian terhadap para veteran pejuang kemerdekaan RI di Bangka.

"Saya tahu makam pahlawan itu satu lobang diisi dua orang dan saya tahu siapa-siapa orang yang dimakamkan itu," kata Ratmida dengan nada suara serak seraya menyeka air matanya.

Ungkapannya saat itu membuat Ketua Unit LVRI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Muhibin dan didampingi Kakanminvet 19/Pangkalpinang Mayor Agus Suhendi termasuk para veteran yang hadir dan undangan lainnya serta para pejabat organisasi Pemuda Panca Marga (PPM) Provinsi Bangka Belitung jadi terharu.

Oleh karenanya, Ratmida mengingatkan khususnya kepada seluruh masyarakat senantiasa untuk tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah berhasil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Kalau tidak ada pahlawan tidak mungkin kita sekarang jadi pejabat. Jadi hargai jasa pahlawan kita," pesannya saat itu dan langsung mendapat aplaus dari para tokoh veteran serta undangan yang hadir.

Kegiatan acara syukuran HUT LVRI yang diadakan di rumah dinas Wali Kota Pangkalpinang saat itu pun diselingi pula dengan acara pemotongan nasi tumpeng langsung oleh Sekda Pangkalpinang Ratmida Dawam mewakili Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil.

Selanjutnya potongan nasi tumpeng tersebut oleh Sekda diserahkan langsung kepada salah satu tokoh veteran. Bahkan dalam rangkaian syukuran HUT LVRI tahun 2019 ini pun para veteran dipimpin langsung oleh Kakanminvet 19/Pangkalpinang Mayor Agus Suhendi, paginya sempat melakukan ziarah serta tabur bunga di TMP Pawitralaya Pangkalpinang. (Bangka Pos/Ryan A Prakasa)

Penulis: ryan augusta
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved