Berita Sungailiat

Replika Ikan Tapah Raksasa Masuk Kota Diarak Warga Pubes di Jalan Raya

Mengusung tema kearifan lokal, Kecamatan Puding Besar Bangka mempertontonkan sebuah atraksi "Ikan Tapah Raksasa Masuk Kota".

Replika Ikan Tapah Raksasa Masuk Kota Diarak Warga Pubes di Jalan Raya
Bangkapos/Fery Laskari
Tim Karnaval Kecamatan Puding Besar Bangka, memperagakan patung ikan raksasa Ikan Tapah, saat Pawai Karnaval HUT ke 74 RI di Sungailiat, Rabu (21/8/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mengusung tema kearifan lokal, Kecamatan Puding Besar Bangka mempertontonkan sebuah atraksi "Ikan Tapah Raksasa Masuk Kota".

Patung ikan langka yang hidup di Sungai Upang Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar itu dirancang apik, kemudian diarak beramai-ramai saat Pawai Karnaval HUT ke 74 RI di Sungailiat Bangka, Rabu (21/8/2019).

Camat Puding Besar (Pubes), Ismir R kepada Bangka Pos, Rabu (21/8/2019) mengatakan, patung ikan ini dibuat pada ukuran panjang 4 meter dan lebar 0,5 meter.

"Kita buat menggunakan bahan bambu, wareng dan terpal yang kemudian dicat. Mata (patung) ikan menggunakan buah (brondol) kelapa sawit," katanya.

Mengenai patung Ikan Tapah yang dipilih, tentu saja menurut Ismir ada tujuannya. Pertama ikan terebut merupakan ikan lokal yang menjadi ciri khas di kecamatan itu dan yang kedua ikan ini mulai langka sehingga harus dilestarikan.

Ide untuk menampilkan patung ikan Tapah ini merupakan gagasan sebagian besar Masyarakat Desa Tanah Bawah Pubes.

"Tujuan lain untuk mengenal Ikan Tapah kepada masyarakat. Sebab masih banyak orang yang belum tahu dengan Ikan Tapah. Kita juga ingin masyarakat mengenal Sungai Upang sebagai wisata alam," kata Ismir seraya menyebut selain memperagakan patung, tim Kecamatan Pubes juga memperagakan Ikan Tapah asli masih hidup dalam akuarium saat pawai karnaval.

(Bangkapos/Ferylaskari).

Tags
Ikan Tapah
Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved