Sekali Tanam, Pak Haji Riduan Untung Puluhan Juta Rupiah

Panen perdana pada bulan sebelumnya kata Haji Riduan, tanaman ini menghasilkan sekitar 2,5 ton.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bisnis kebun hortikultura cukup menggiurkan. Jika sedang beruntung, sekali tanam bisa dapat keuntungan puluhan juta rupiah. Seperti yang dilakoni oleh Haji Riduan (48), warga Kampung Bantam Lingkungan VI Kelurahan Bukitketok Kecamatan Belinyu Bangka.

"Saya tanam 8000 pohon cabai Lola (Lokal Lampung), jenis cabe besar keriting. Tanaman ini sudah dua kali panen. Mudah dan jika perawatannya optimal, panen bisa mencapai lima kali," kata Haji Riduan (48), ketika ditemui di pondok kebun cabainya di Kampung Bantam Belinyu Bangka, Rabu (21/8/2019).

Panen perdana pada bulan sebelumnya kata Haji Riduan, tanaman ini menghasilkan sekitar 2,5 ton. Sedangkan panen kedua pada pekan berikutnya, Haji Riduan meraup hasil sekitar 2 ton.

"Panen pertama saya dapat sekitar dua setengah ton cabe merah dijual ke agen di Sungailiat seharga Rp 24.000 per kg. Hasil panen pertama total sekitar 60 Juta," katanya.

Sedangkan saat panen kedua, Haji Riduan memilih melakukan pemetikan cabai sebelum buah matang dan dijual pada kisaran harga Rp 32.000 hingga Rp 35.000 perkg.

"Panen kedua, kita panen cabe hijau, cabe muda, dapat sekitar dua ton dan dijual ke agen kisaran harga Rp 32.000 hingga Rp 35.000 perkg. Saat panen kedua saya dapat hasil sekitar Rp 70 Juta," katanya.

Populasi tanaman cabai ini masih tetap hidup dan mulai mengeluarkan kembang atau calon buah baru. Diprediksikan tanaman masih bisa panen sebanyak tiga kali lagi, sebelum akhirnya harus diremajakan.

"Mudah-mudahan masih bisa tiga kali panen lagi," kata Haji Riduan yang ketika itu didampingi Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Eko Wijaya.

(bangkapos/ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved